UM Sumatera Barat Tandatangani Kerjasama dengan BSI

  • Whatsapp
Rektor UM Sumatera Barat Dr Riki Saputra terlihat menandatangani nota kesepahaman dengan BSI. (asrial gindo)

BUKITTINGGI – Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menjalin kerjasama dengan Bank Syariah Indonesia, Kamis (18/3).

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Rektor UM Sumatera Barat, Dr Riki Saputra dan BSI yang diwakili Brach Manager Padang, Heriadi dan Brach Manager Bukittinggi, Mustafa Kamal.

Read More

Penandatanganan nota kesepahaman yang berlangsung di Kampus III UM Sumatera Barat itu juga disaksikan oleh Wakil rektor III, Muhammad Abdi dan Perwakilan dari Pengurus Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat.

Riki Saputra mengatakan nota kesepahaman yang ditanda tangani itu merupakan turunan dari konsep kampus merdeka belajar yang telah digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan melakukan MoU.

Dijelaskanya, MoU yang ditandatangani dengan BSI itu tidak hanya sekedar serimonial tapi juga akan ada implementatif stakeholdernya dengan dunia usaha dan dunia industri. Karena filosofi substansial dari kampus merdeka itu adalah bagaimana menjadikan mahasiswa itu siap bertarung di dunia kerja setelah tamat.

Salah satu upaya bekerjasama dengan BSI itu, karena Muhammadiyah itu khitahnya jika bekerjasama dengan lembaga perbankan haruslah lembaga perbankan yang syariah.

Selain itu dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan dapat menempatkan mahasiswa UM Sumatera Barat magang di BSI. Karena UM Sumatera Barat juga memiliki fakultas ekonomi dengan prodi manejemen dan akutansi.

Selanjutnya dengan kerjasama itu dapat mengembangkan enterpreneurship di perguruan tinggi.

Kemudian pihaknya juga akan minta bentuk bentuk kerjasama lain yang lebih konkrit seperti dalam bidang pembiayaan.

Sementera Brach Manager Padang, Heriadi didampingi Brach Manager Bukittinggi, Mustafa Kamal kepada mengatakan pihaknya menyambut baik kerjasama itu.

Terkait kontribusi yang akan diberikanya kepada UM Sumbar salah satunya BSI akan memberikan fasilitas pembiayaan KUR untuk unit unit layanan yang ada di kampus tetsebut.

“Kita juga akan membuka diri untuk bersinergi dengan kampus apakah dalam bentuk bedah buku atau magang,”tegasnya. setelah dilakukan kerkasama itu dan pihaknya juga akan

Sebelum penansatangan kesepahaman itu, UM Sumatera Barat juga menggekar Focus Group Discussion menunju Enterpreneor University bersama Ketua PP Mumammadiyah, Dr.H.Anwar Abbas dan Branch Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) Bukittinggi Mustafa Kamal.

FGD yang dipusatkan di Convention Hall Yunahar Ilyas Kampus III UM Sumatera Barat yang berlokasi di Bukittinggi itu dibuka Rektor UM Sumatera Barat, DR.Riki Saputra dan dihadiri oleh civitas Akademik, dan sejumlah tikoh Muhamamdiyah dan alumni. (gindo)

Related posts