Tujuh Koridor Bus Trans Padang Bakal Beroperasi Tahun 2021

  • Whatsapp
Bus Trans Padang. (ist)

PADANG – Tujuh koridor bus Trans Padang akan beroperasi pada tahun 2021. Saat ini, baru satu rute yang berjalan, yakni rute Pasar Raya – Lubuk Buaya.

Enam koridor Trans Padang, yakni, koridor I melewati rute Pasar Raya – Lubuk Buaya. Koridor II akan melayani rute Pasar Raya ke Bungus sepanjang 15 kilometer, dan koridor III dari Pasar Raya ke Air Pacah dengan panjang 18 kilometer.

Kemudian, koridor 4, Teluk Bayur ke Terminal Anak Aia, koridor V melayani rute Pasar Raya ke Indarung sepanjang 17 kilometer, dan Koridor VI untuk rute Pasar Raya – Limau Manis Kampus Unand dengan panjang 15 kilometer.

Sementara koridor tujuh, menyisip atau mengambil penumpang di saat ingin menyambung bus, seperti dari Lubuk Buaya menuju Unand.

Kepala Dinas Perhubungan Padang Dian Fakri belum lama ini menuturkan, operasional enam koridor ditambah satu koridor khusus akan dimulai paling lambat 2021. Sebab, angkutan massal sudah menjadi kebutuhan di Kota Padang. Jika Kota Padang telah mengaktifkan enam koridor itu diharapkan dapat meminimalisir kemacetan. Masyarakat didorong untuk menggunakan angkutan massal.

Tahun ini, katanya, Pemko juga mengupayakan agar koridor empat yang melewati jalur Teluk Bayur ke Terminal Anak Aia atau sepanjang Jalan By Pass bisa beroperasional. Pihaknya sudah menyediakan sepuluh unit bus dari bantuan Kementerian Perhubungan.

“Pemko sedang melengkapi sarana penunjang lainnya, seperti halte. Untuk koridor Teluk Bayur-Aie Pacah, untuk sementara haltenya berupa pancang atau tiang saja dengan adanya petunjuk,” ujar Dian. (guspa)

Pos terkait