Tujuh Destinasi Wisata Solsel Diusulkan Ikut API 2018

oleh
Salah satu dari tujuh destinasi yang diusulkan untuk API 2018 oleh Pemkab Solsel adalah Gua Batu Kapal di Kec. SBJ saat diknjungi Irjen Kemtrian PU-PR Rildo Ananda Anwar baru-baru ini. (ist)

PADANG ARO –  Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel), mengusulkan tujuh destinasi wisata untuk mengikuti Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 ke Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Wisata yang diusulkan ini diharapkan mampu mengikuti jejak kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) akan keberhasilannya menjadi yang terbaik dalam ajang serupa tahun lalu.

“Kawasan SRG Kotobaru berhasil meraih juara I sebagai kampung adat terpopuler pada ajang API 2017 lalu oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Tentu kami berharap pada API tahun ini Solsel juga menjadi yang terbaik untuk wisata lainnya,” kata Kepala Bidang Promosi Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Solsel, Yolni Hendra, Kamis (19/4).

Disparbud Solsel sudah mengirimkan tujuh destinasi wisata untuk dipilih dan dimasukkan dalam nominasi. Pengusulan destinasi wisata tersebut lengkap dengan keterangan seperti lokasi dan ditunjang foto.

Tujuh destinasi yang diusulkan yaitu kategori makanan tradisional terpopuler pangek pisang, wisata air terpopuler pacu codang. Selanjutnya ekowisata terpopuler yaitu eko edu wisata wonorejo, atraksi budaya terpopuler randai, situs sejarah terpopuler rumah gadang panjang dan surga tersembunyi terpopuler gua batu kapal.

“Kami yakin dari tujuh destinasi yang diusulkan akan ada yang dipilih untuk mengikuti anugerah API 2018,” katanya.

Sebelumnya, kawasan SRG mampu menjadi pemenang pada ajang API 2017 setelah mendapatkan vote yang signifikan yaitu 50,19 persen. SRG kala itu berhasil mengalahkan pesaingnya Kete’ Keshu dari Kabupaten Toraja Utara dengan vote 17 persen dan Kampung Wisata Mangeman Kabupaten Bantul sebanyak 11 persen.

Untuk gua batu kapal saja katanya sekarang sudah sangat populer dan mampu mendatangkan wisatawan dari nusantara maupun mancanegara.

“Jika salah satu destinasi wisata di daerah kita kembali jadi yang terbaik, maka cita-cita dalam memajukan sektor wisata ini kian mendekati kenyataan. Dan tentunya, dengan itu wisata daerah ini semakin populer dan mendunia, tidak hanya kawasan SRG saja,” tukuk Yolni. (af)

Loading...