Titan Jatmiko Panen Bawang Merah di Demplot Anggota Kodim 0308

  • Whatsapp
Dandim 0308/Pariaman Letkol Czi Titan Jatmiko didampingi Ketua Persit KCK Cabang LXII Dim Pariaman melakukan panen bawang merah di demplot anggota Kodim di Korong Ulu Bangau, Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai. (ist)

PARIK MALINTANG – Ternyata bawang merah bisa tumbuh dan subur di Korong Ulu Bangau, Nagari Ketaping, Kecamatan Batang Anai, Padang Pariaman. Dimana, di demplot anggota Kodim 0308/ Pariaman telah dicoba menanamnya, hasil baik.

Dandim 0308/Pariaman, Letkol Czi Titan Jatmiko bersama Kepala Dinas Pertanian Padang Pariaman, Yurisman melaksanakan panen perdana bawang merah tersebut, Jumat (5/3/2021).

Titan Jatmiko mengatakan bawang merah yang di panen, ia ikut menanamnya. Hanya dalam 55 hari, bawang merah ini sudah bisa dipanen.

Disebutkannya bibit bawang merah ini didatangkan dari Demak, sedangkan pupuk yang digunakan Ef Mik 32. Pupuk Ef Mik 32 ini merupakan hasil olahan atau temuan dari anggota Kodim 0308/Pariaman. ” Alhamdulillah hasilnya cukup membanggakan,” ucapnya.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan di masa pandemi Virus Covid-19, pihaknya berusaha meningkatkan ketahanan pangan. Makanya melalui beberapa program terkait hal ini selalu di lakukan.

Ujung dari program ini adalah mengajak masyarakat bisa termotivasi berbuat setelah melihat hasilnya. Anggota Kodim 0308/ Pariaman siap memberikan dukungan, bantuan dan berbagi ilmu dengan masyarakat.

Sementara itu, Kadis Pertanian Yurisman antusias melihat hasil panen bawang merah di demplot anggota Kodim 0308/Pariaman.

“Terus terang , hasil panen bawang merah di kebun anggota Koramil ini, lebih besar dari bawang merah pada umumnya,”ujarnya.

Melihat hasil panen yang bagus, Dinas Pertanian Padang Pariaman akan mencoba memberikan penyuluhan kepada kelompok tani bawang merah, sekaligus memberikan pola tanam dan pupuk yang digunakan anggota Kodim 0308.

Keberhasilan panen bawang merah di demplot anggota Kodim, Yurisman akan membawa petani bawang merah bersama PPL ke lahan pertanian milik anggota Kodim 0308/Pariaman, untuk berlatih meningkatkan kemampuannya.

“Meskipun secara tekhnis penanaman sama, namun dengan adanya pupuk organik terbaru Ef Mic 32 ini, dapat juga menambah ilmu mereka,” tukas Yurisman.

Panen perdana ini diikuti juga ibu-ibu pengurus Persit Cabang LXII Dim 0308/Pariaman bersama anggota TNI lainnya serta penyuluh dinas pertanian Padang Pariaman. (agus)

Pos terkait