Agam  

Tingkatkan Perekonomian Rakyat, Pasar Serikat Baso Makin Berbenah

AGAM—-Dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat, pengurus Pasar Serikat Baso Kecamatan Baso Kabupaten Agam semakin giat melakukan pembenahan dan penertiban untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengunjung pasar.

Sebagai pasar tradisional, Pasar Serikat Baso sama halnya dengan pasar tradisional lannya di mana banyak jenis dagangan yang di jual di pasar ini tidak hanya terkait hasil pertanian juga terdapat pakaian, buah-buahan, sembako, ikan basah dan ikan kering, perabotan rumahtangga serta kuliner beraneka jenis makanan tradional.

Sebagai komitmen pengurus Pasar Serikat Baso sebut Ketua/Pengulu Pasar Serikat Baso, Rori Dt.Tiko Basa pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan Wali Nagari selaku pemilik pasar dan Forkopimca Baso serta Badan Pengawas (BP) pasar dalam mewujudkan pelayanan terbaik bagi pengunjung pasar.

Dari sejumlah program kerja pengurus pasar baik jangka panjang dan menengah secara berangsur angsur sudah dikerjakan, pertama pembenahan kebersihan lokasi pasar sebab ada beberapa saluran air tersumbat akibat sampah, namun saat ini bila hari hujan saluran sudah lancar tidak lagi tersumbat.

Selanjutnya pembenahan dan mendata lokasi pedagang yang sesuai dengan jenis pedagang yang di jualnya, seperti tempat ikan basah dan los daging saat ini juga sudah tertata dengan baik demikian juga tempat pedagang lainnya, dengan tujuan agar Pasar Serikat Baso ini sebagai pusat perekonomian masyarakat tertata dengan baik.

Dengan adanya kebersihan pasar serta penertiban para pedagang, sehingga kondisi pasar Baso saat ini akan terlihat indah dan rapi, diharapkan pengunjung pasar serikat Baso merasa senang berdagang dan berbelanja, harap Rori Dt.Tiko Basa.

Ketua Badang Pengawas (BP) Pasar Serikat Baso, Daswir, Tk Bandaro Nan Panjang menjelaskan, untuk kemajuan pasar sebagai pusat perekonomian masyarakat, sesuai pengawasan yang di lakukan oleh Badang Pengawas (BP) sehingga pengurus pasar sudah melakukan program kerja secara berangsur angsur tentu butuh dukungan dari masyarakat terutama warga yang tinggal di sekitar pasar.

Diyakini, dengan adanya kekompakan serta kerjasama yang baik sesama pengurus pasar di komandoi Rori Dt Tiko Basa yang dikukuhkan tanggl 7 November 2023 lalu telah memperlihatkan hasil kerja nyata dalam melaksanakan program kerja juga mendapat dukungan dari pihak terkait, diharapkan Pasar Serikat Baso Kecamatan Baso ini menjadi pasar terbaik di Sumatera Barat dalam memberikan pelayanan bagi pengunjungnya, harap Daswir Tk Bandaro Nan Panjang.

Pasar Serikat Baso diramaikan setiap Senin, Kamis dan Sabtu, pengunjung berjualan dan pembeli tidak hanya masyarakat Kecamatan Baso dan kecamatan tetangga di Kabupaten Agam juga dari berbagai daerah di Sumatera Barat, seperti Batu Sangkar, Padang Panjang, Lima Puluh Kota dan Bukittingg. (Kasnadi)