Tingkatkan Kompetensi Melalui KKG

  • Bagikan
Kasi PAIS Kemenag Agam, Mursal Asmir memaparkan materi terkait peningkatan kompetensi guru, khususnya guru Pendidikan Agama Islam. (Maswir Chaniago)

AMPEK ANGKEK – Guru sebagai pengajar dan pendidik harus selalu berupaya untuk meningkatkan kompetensi. Jangan hanya mengandalkan apa yang ada. Karena guru yang punya motivasi tinggi untuk meningkatkan kompetensi akan bisaenciptakan peserta didik yang cerdas, terampil dan berkarakter.

Demikian disampaikan Kasi Pendidikan Agama Islam (PAIS) kantor Kemenag Agam, H. Mursal Asmir pada kegiatan KKG-PAI Kecamatan Ampek Angkek, Sabtu (16/10) di SDN 04 Biaro.

“Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) bukan hanya semata membahas administrasi atau perangkat pembelajaran, tapi yang diutamakan yaitu bagaimana menjadikan siswa paham dengan materi. Agar siswa memahami, maka guru harus lebih memahami tentang materi.

Apabila materi sudah dipahami anak maka akan terwujud siswa yang berkarakter. Untuk mencapai karakter itu ada empat tahapan yang harus dilalui, yaitu berilmu, pemahaman, keyakinan dan mampu mempraktekkan atau melaksanakan. Artinya, harus ada ilmu tentang suatu materi, memahami materi yang dibahas, yakin akan keberadaan materi serta mampu melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Dari empat tahapan tersebut kuncinya yaitu, keyakinan akan sesuatu yang dipelajari,”ungkap Kasi PAIS.

Mewujudkan siswa berkarakter bukan saja tugas guru Pendidikan Agama Islam semata, tapi merupakan peran dari seluruh pendidik di satuan pendidikan itu, baik kepala sekolah, guru kelas dan guru mata pelajaran lain. Karena materi Pendidikan Agam Islam itu harus diintegrasikan ke dalam mata pelajaran lain,”tambah Mursal Asmir.

Kegiatan KKG-PAI Ampek Angkek sekaligus silaturrahim dengan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Agam, Drs. H. Marjanis, M. Pd dihadiri Kasi PAIS, Sekcam Ampek Angkek, Kepala KUA, Koordinator Unit Kerja (KUK) Pendidikan, Pengawas Sekolah, Pengawas PAI, Ketua BKSD serta seluruh guru Pendidikan Agama Islam Kecamatan Ampek Angkek.

Sebelumnya KUK Ampek Angkek, Maswir dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan KKG.

“Jadikanlah KKG itu sebagai bengkel kerja untuk meningkatkan kompetensi, karena guru PAI Ampek Angkek banyak yang memiliki keterampilan dan pemahaman tentang materi. (Maswir).

  • Bagikan