Tingkatkan Hasil Pertanian, Nagari Lubuak Batingkok Limapuluh Kota Bangun Jalan Sepanjang 337 Meter

  • Whatsapp

HARAU – Nagari Lubuak Batingkok, Harau, Limapuluh Kota membangun jalan pertanian sepanjang 337 meter guna meningkatkan hasil pertanian. Pembukaan jalan pertanian tersebut dihadiri langsung Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi didampingi Camat Harau Andri Yasmen.

“Dengan dibukanya jalan baru dan jalan usaha tani tersebut bisa memperlancar akses transportasi serta pemasaran petani di Nagari Lubuak Batingkok,” kata Irfendi Arbi Minggu, (28/6).

Ia berharap dengan dibangunya emakin baik kita dalam pemeliharaan dan perawatan jalan maka semakin lancar masyarakat membawa hasil pertanian dan perkebunan,” kata Irfendi Arbi Minggu, (28/6).

Ia berharap jalan yang menghubungkan Jorong Koto Tangah Nagari Lubuak Batingkok dengan Nagari Gurun yang melewati lahan pertanian Masyarakat senantiasa dijaga oleh masyarakat.

“Makin baik masyarakat dalam menjaga makin lancar pula masyarakat dalam membawa hasil pertaniannya,” katanya.

Wali Nagari Lubuak Batingkok Yon Elvi mengatakan untuk pembangunan jalan tersebut Pemerintah Nagari Lubuak Batingkok menggelontorkan dana APB Nagari T.A 2020 dengan Anggaran Rp180.862.500.

Jalan sepanjang 337 meter tersebut dikerjakan secara swakelola yang diawasi sendiri oleh masyarakat dan pemerintah nagari dengan tetap mengedepankan aturan yang tidak merugikan negara.

“Pembangunan jalan dibangun bertujuan untuk memperlancar akses menuju sentra produksi pertanian agar para petani tidak lagi kesulitan untuk mengangkut hasil pertanian,” kata Yon Elvi.

Yon Elvi mengatakan sebelum dibangunnya jalan pertanian para petani memikul sendiri hasil pertanianya dari kebun dengan jarang cukup jauh karena tidak ada jalan yang bisa di lalui. Sekarang adanya jalan ini kendaraan roda dua bahkan mobil pick up bisa masuk untuk mengangkut hasil tani warga.

Sementara salah seorang warga, setempat, Saiful merasa bersyukur atas di bangunnya jalan baru di areal pertanian didaerah itu.

“Dulu kami pikul sendiri hasil pertanian sekarang dengan adanya infrastruktur jalan pengangkutan dan pemasaran hasil panen semakin lancar dengan sepeda motor,” katanya. (Esa)

  • Whatsapp

Pos terkait