Timnas U-22 Kalahkan Thailand, Ini Kata Indra Sjafri

  • Whatsapp
Pelatih Kepala Timnas U-22 Indra Sjafri.(antara)

MANILA – Pelatih tim nasional U-22 Indonesia Indra Sjafri mengatakan skuatnya mampu menaklukkan Thailand dengan skor 2-0 di Grup B SEA Games 2019, Selasa, karena bermain sesuai strategi yang sudah direncanakan.

“Terima kasih saya ucapkan kepada para pemain. Semua rencana yang kami susun sebelum laga benar-benar terwujud dalam pertandingan,” kata Indra usai laga di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa.

Apa yang ditampilkan anak-anak asuhnya membuat Indra puas. Pada gol pertama di menit keempat, timnas U-22 mampu memanfaatkan dengan baik situasi bola mati (set piece).

Bola berawal dari tendangan sudut yang diambil Evan Dimas. Alih-alih mengoper bola langsung ke kotak penalti, Evan mengirimkan bola ke arah Asnawi Mangkualam di sisi kanan.

Asnawi Mangkualam mengembalikan bola ke Evan yang selanjutnya memberikan umpan ke dalam kotak penalti dimana beberapa pemain Indonesia sudah menunggu. Keadaan kemelut pun terjadi, dan gol Egy pun tercipta.

“Kami sudah melatih situasi bola mati seperti itu dalam latihan,” kata Indra.

Sementara untuk gol kedua Indonesia di menit ke-87 yang dihadirkan oleh Osvaldo Haay, Indra Sjafri menyebut bahwa timnya memang sengaja membuat garis serangan Thailand lebih tinggi dengan menerapkan taktik bertahan dalam (deep defending).

Dengan demikian, skuat berjuluk Garuda Muda memiliki ruang yang cukup untuk melakukan serangan balik (counter attack). Pada gol kedua, sebelum diterima Osvaldo yang berdiri bebas dan menjadi gol, bola terlebih dahulu digiring oleh Saddil Ramdani sejauh lebih dari setengah lapangan setelah menerima umpan terobosan dari lini tengah.

“Counter attack kami berjalan dengan baik di babak kedua,” tutur Indra.

Kemenangan 2-0 atas Thailand membuat Indonesia saat ini menduduki peringkat kedua klasemen sementara Grup B SEA Games 2019. Di posisi pertama ada Vietnam yang menang 6-0 atas Brunei Darussalam, Senin (25/11).

Berikutnya, Indonesia akan menghadapi Singapura pada Kamis (28/11), juga di Stadion Rizal Memorial, Manila, mulai pukul 20.00 waktu setempat atau pukul 19.00 WIB.(ant/mat)

Pos terkait