Padang  

Tim BPBD Padang dan Forkopimca Sigap Bantu Warga Pasca Puting Beliung Terjang Padang Selatan

Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang Hendri Zulviton bersama Camat Padang Selatan Anhal menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana.

PADANG – Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang beserta Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Padang Selatan langsung merespons bencana yang terjadi i wilayah itu dengan turun ke lokasi untuk memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

Bantuan yang diberikan berupa kasur, selimut, terpal, makanan siap saji, dan minuman.

“Hari ini kami juga membantu membersihkan puing-puing pohon tumbang dan memperbaiki kerusakan rumah warga,” kata Camat Padang Selatan, Anhal Mulya Perkasa, Sabtu (22/6).

Sebelumnya Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, dilanda bencana akibat angin kencang dan puting beliung pada Jumat (21/6), yang menyebabkan kerusakan serius pada beberapa rumah warga di empat kelurahan berbeda.

Menurut Camat, kejadian ini mengakibatkan tiga rumah tertimpa pohon tumbang dan satu rumah lainnya mengalami kerusakan atap akibat terjangan angin puting beliung.

“Empat kepala keluarga terdampak bencana ini di kelurahan Air Manis, Mata Air, Batang Arau, dan Bukit Gado-Gado,” jelas Anhal.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton, mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem dalam beberapa hari ke depan.

“Diperkirakan hujan deras disertai angin kencang dan petir akan terjadi, terutama pada sore dan malam hari,” kata Hendri.

Hendri Zulviton juga mengimbau agar masyarakat segera melaporkan kepada pihak berwajib jika menemukan pohon tumbang atau kabel listrik yang putus, guna mencegah terjadinya kecelakaan.

Bencana ini menunjukkan perlunya kewaspadaan ekstra terhadap kondisi cuaca yang dapat berubah dengan cepat, serta kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam penanggulangan dan pemulihan pasca-bencana. (*)