Tiga Rumah Kayu di Latina Payakumbuh Ludes Terbakar

  • Bagikan

PAYAKUMBUH – Kebakaran terjadi di kelurahan Parik Muko Aia, Kecamatan Lamposi Tigo Nagori (Latina), Minggu (25/7) dinihari. Warga dikejutkan dengan kebakaran yang terjadi di pagi buta itu. Tiga unit rumah kayu dalam sekejap dilalap si jago merah.

Warga yang masih terlelap tidur dikejutkan dengan api yang cepat menjalar. Sehingga tidak bisa berbuat banyak selain hanya bisa menghubungi pemadam kebakaran, untuk meminta pertolongan.

Salah seorang warga setempat, Arul kepada wartawan mengatakan, warga cukup dikejutkan dengan kebakaran yang terjadi. Api cepat membesar, karena material tiga unit rumah itu terbuat dari kayu dan juga banyak tumpukan barang bekas. “Kami tidak bisa menolong karena api sudah keburu membesar. Apalagi kondisi rumah yang terbuat dari kayu dan juga banyak tumpungan barang bekas. Sehingga kami hanya bisa menelepon petugas pemadam kebakaran untuk minta pertolongan,” ujarnya.

Kabid Damkar Kota Payakumbuh, Budi Kurniawan yang dihubungi wartawan mengatakan pihaknya langsung menanggapi laporan dari warga tersebut. Pemadam Kebakaran Kota Payakumbuh meluncur dengan mengirimkan seluruh armada dan personil ke lokasi. Bahkan, dirinya sendiri bersama jajarannya ikut turun ke lokasi kejadian, meski waktu sudah menunjukkan pukul 02.30 WIB.

“Di lokasi api cepat membesar karena material tiga unit rumah itu terbuat dari kayu dan juga banyak tumpukan barang bekas. Sehingga petugas pemadam harus berjibaku dengan si jago merah selama kurang lebih dua jam. Itupun juga dibantu dua unit armada pemadam kebakaran dari Kabupaten Limapuluh Kota,” ucapnya.

Menurutnya, sampai saat ini pihaknya belum mengetahui sumber api. Kepolisian masih menyelidiki sumber api itu. Berdasarkan informasi dari pemilik rumah Zulfitri, saat akan membuatkan susu untuk cucunya, dia melihat api di bagian atas langit-langit pojok rumahnya. “Penyebab api masih diselidiki pihak berwajib, kerugian jiwa nihil dan kerugian materil ditaksir lebih dari Rp200 juta,” tambahnya.

Selain itu, tambahnya, warga bisa meminta bantuan damkar untuk penyelamatan jiwa atau evakuasi hewan berbisa dan berbahaya seperti tawon, biawak, ular, serta hewan lainnya dengan menghubungi quick response Pemadam Kebakaran di nomor 0752-92913. “Karena bidang pemadam kebakaran bukan hanya bertugas untuk memadamkan api saja, tapi juga ada animal rescue nya. Jadi bagi warga yang ada masalah dengan hewan liar, bisa menghubungi kami ke nomor yang sudah ada itu,” pungkasnya. (207)

  • Bagikan