Tiga Nagari di Ampek Angkek Laksanakan Pilwana Serentak

  • Whatsapp
www.harianpilar.com
AGAM – Pemilihan Walinagari (Pilwana) 2019 di beberapa nagari sudah dilaksanakan. Besok,Kamis (14/11) akan dilaksanakan Pilwana di Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam pada tiga nagari.
Tiga nagari tersebit yaitu, Nagari Ampang Gadang, Pasia dan Nagari Batu Taba. Pilwana di Agam tahun ini dengan menggunakan sistem E-votting.
“Sistem tersebut sangat mudah, dan terhindar dari praktik kecurangan. Dan dengan sistem E-votting, hasil pemilihan akan bisa diketahui cepat oleh masyarakat,” begitu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari (PMN) Kabupaten Agam, Teddy Marta, S.STP kepada Topsatu Singgalang, Rabu (13/11) sore.
Pada sisi lain Ketua panitia Pilwana Nagari Pasia, Tizy Mulya, yang juga atap kantor camat Ampek Angkek mengatakan, di Nagari Ampang Gadang terdapat tiga calon Walinagari, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 6.112 jiwa yang akan menyalurkan hak pilihnya pada 1& Tempat Pemungutan Suara (TPS).
“Sementara di Nagari Pasia jumlah DPT yaitu, 2.022 jiwa yang akan memberikan suaranya pada 4 TPS. Dan di Nagari Batu Taba jumlah DPT yaitu, 4.065 pemilih. Calon yang akan dipilih di Nagari Ampang Gadang sebanyak 5 orang. Di Pasia ada 2 calon, sedangkan untuk Nagari Batu Gaba ada 5 calon yang akan dipilih”ungkap Tizy.
Untuk kelancaran dan keamanan pelaksanaan, pada masing-masing nagari sudah ada panitia, Bawaslu. Kita berharap prosentasi kehadiran pemilih meningkat dibanding Pilwana sebelumnya,”tambah Tizy. (Maswir).

Pos terkait