THL, ASN, dan Pensiunan Terkonfirmasi Covid-19 di Tanah Datar

  • Whatsapp
Muharwan

BATUSANGKAR – Sembilan warga Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Rabu (21/10) ini, terkonfirmasi positif Covid-19, berdasarkan hasil uji sampel swab pada laboratorium di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang.

Sementara itu, Pjs. Bupati Erman Rahman, saat memberi arahan kepada para walinagari (setara kepala desa), menegaskan perlunya kesadaran dan keterlibatan semua pihak dalam memutus rantai penularan Virus Corona, penyebab penyakit infeksi pernafasan yang diberi nama Covid-19 itu.

Bacaan Lainnya

‘’Perda Sumbar Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sudah berlaku. Ada sanksi dalam aturan untuk penguatan penerapan protokol kesehaan itu, di antaranya denda melakukan kerja sosial, denda uang, dan sanksi pidana,’’ katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Sumbar itu mengingatkan, jangan sampai masyarakat yang sudah susah ini, terbebani kalau kena sanksi. Ini tugas kita semua dan saya berharap dukungan dan kerjasama camat, walinagari dan unsur lain di nagari untuk ikut mensosialisasikan AKB demi kemaslahatan bersama.
Menurut Kasubag Humas Setdakab Tanah Datar Muharwan, selain tambahan sembilan orang positif Covid-19, tercatat pula seorang pasien yang dinyatakan sembuh alias sudah kembali negatif, yakni seorang remaja perempuan berusia 19 tahun warga Kecamatan Sungai Tarab.

Rincian tambahan kasus:
1. Laki-laki, umur 69 tahun, pekerjaan swasta, alamat Jorong Haru Nagari Bungo Tanjung Kec. Batipuh
2. Perempuan, umur 32 tahun, pekerjaan rumah tangga, alamat Jorong Kapalo Koto Nagari Tanjung Barulak Kec. Batipuh
3. Laki-laki, umur 66 tahun, pekerjaan pensiunan, alamat Jorong Sembayan Tanjung Bonai Kec. Lintau Buo Utara
4. Perempuan, umur 62 tahun, pekerjaan pensiunan, alamat Jorong Sembayan Tanjung Bonai Kec. Lintau Buo Utara
5. Perempuan, umur 55 tahun, pekerjaan Aparatur Sipil Negara (ASN), alamat Nagari Rambatan Kec. Rambatan
6. Perempuan, umur 28 tahun, pekerjaan Tenaga Harian Lepas (THL(, alamat Jorong Gudam Pagaruyung Kec. Tanjung Emas
7. Perempuan, umur 34 tahun, pekerjaan THL, alamat Jorong Padang Datar Pagaruyung Kec. Tanjung Emas
8. Perempuan, umur 55 tahun, pekerjaan ASN, alamat Kuburajo, Kec. Lima Kaum
9. Perempuan, umur 66 tahun, pekerjaan rumah tangga, alamat Pandai Sikek Kec. X Koto

‘’Total 236 orang warga Tanah Datar yang terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 189 orang sudah kembali sembuh, sepuluh orang meninggal dunia, selebihnya menjalani perawatan dan karantina di berbagai lokasi,’’ kata Muharwan.

Untuk yang dirawat, terdiri dari dua orang di RSUD Pariaman, tiga orang di RSUP M Djamil Padang, delapan orang di RSAM Bukittinggi, dua orang di RS Ibnu Sina Padang Panjang, dua orang di RSUD Padang Panjang, lima orang di RSUD Hanafiah Batusangkar, dan satu orang dirawat di RS Unand Padang.

Selebihnya, sepuluh orang karantina di PPSDM Baso, dua orang karantina di Padang Panjang, dan 92 orang isolasi mandiri. Di Kabupaten Tanah Datar, Satgas masih mencatat Suspek 20 orang, Probable 2 orang dan pelaku perjalanan 26 orang.(mus)

Pos terkait