Tes Covid-19, Polres Bukittinggi Gunakan GeNose

  • Whatsapp

BUKITTINGGI — GeNose merupakan singkatan dari Gadjah Mada Electronic Nose. Alat yang dikembangkan Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mampu mendeteksi Covid-19 melalui embusan napas.

Tantangan tugas personel Polres Bukittinggi di masa pandemi Covid-19 yang bersentuhan langsung dengan masyarakat tentu menjadikan kerentanan terpapar virus Covid-19 menjadi lebih besar. Menyikapi hal tersebut Kapolres Bukittinggi AKBP. Dody Prawiranegara, berinisiatif mengadakan alat deteksi cepat GeNose C19.

Kapolres Bukittinggi meluncurkan penggunaan alat Genose C19, dan dihadiri Forkompinda, Wakapolres Bukittinggi Kompol Indra Sandy Purnama Sakti, Kabag, Kapolsek Sejajaran Polres Bukittinggi serta awak media, Kamis 1/4/21.

Kegiatan launching tersebut mendapat apresiasi dari Walikota Bukittinggi yang diwakili Sekretaris Kadis Kesehatan Kota Bukittinggi dr. Vera Maya Sari.

“Apresiasi atas respon cepat Polres Bukittinggi mendatangkan alat genose c-19. Karena dengan alat ini, dapat mendeteksi secara cepat seseorang terinfeksi covid-19 atau tidak, postifi lemah atau positif kuat,”ucap dr. Vera.

AKBP Dody Prawiranegara, mengatakan pengadaan alat Genose C19 ini adalah sebagai bentuk merespon perintah Presiden terkait testing, tracing, dan treatment.

“Kita upayakan untuk pengadaan alat Genose C19 ini. Nantinya alat ini untuk awal akan digunakan terhadap pemeriksaan personel Polres, Kodim, Pol PP dan petugas di lapangan, serta berkerjasama dengan dinas kesehatan nanti alat tersebut juga kita bisa pergunakan untuk melakukan testing, tracing dan treatment kepada masyarakat yang di pilih secara acak dilokasi tertentu seperti lokasi wisata dan lokasi lainnya,″ terang Kapolres Bukittinggi. (mat)

Related posts