Tersedia Banyak Peluang Kerja, Pengunjung Job Fair Membludak

oleh -398 views
Para pencari kerja membludak di arena Job Fair yang digelar Disnakerin Kota Padang di G-Sport Center Gunung Pangilun. (Syawaldi)

PADANG – Pemerintah Kota (Pemko) Padang terus berupaya mengurangi angka pengangguran meski telah mampu menurunkannya dari tahun ke tahun.

“Salah satu upaya yang dilakukan melalui Job Fair yang dibuka selama 2 hari,” kata Asisten Ekbang Kesra Hermen Peri membuka Job Fair tersebut  di G-Sport Center jalan Gajah Mada, Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Rabu (5/8).

Disebutkannya, pada 2017 tingkat pengangguran terbuka di Kota Padang sebesar 9,44 persen dibanding sebelumnya 14,28 persen. Hal ini menandakan jumlah penduduk Kota Padang yang masih mencari pekerjaan sebanyak 39.844 jiwa di 2017. Sementara pada tahun sebelumnya jauh lebih banyak yakni sebanyak 61.020 jiwa.

“Untuk terus menekannya lagi, Pemko Padang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) memfasilitasi para pencari kerja (pencaker) dengan kembali menggelar Job Fair atau pameran kesempatan kerja. Sebanyak 42 perusahaan lokal dan nasional ikut ambil bagian serta 2 dari instansi pemerintah yaitu BP3TKI dan BLK Kota Padang,” teran Hermen Peri.

Dia mengatakan, dalam meningkatkan peluang kerja di Kota Padang Pemko Padang juga memiliki strategi dengan menambah investor yang masuk di Kota Padang. Selain itu juga meningkatkan pariwisata dan perdagangan yang memiliki multiefek, sehingga memerlukan tenaga-tenaga kerja yang handal di beberapa posisi yang diinginkan.

Kepala Disnakerin Padang, Zabendri menyampaikan, Job Fair ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar dalam rangka menurunkan angka pengangguran terbuka melalui perluasan kesempatan kerja. (syawaldi)

 

Loading...