Tersangka Dugaan Korupsi Jalani Sidang Perdana di Pengadilan Tipikor Padang

oleh
Ilustrasi. (*)

LUBUK SIKAPING – Hari ini, Kamis (19/4/2018) empat tersangka dugaan korupsi proyek pembangunan jalan senilai Rp3 miliar di Mapattunggul, Kabupaten Pasaman dijadwalkan menjalani sidang perdananya di Pengadilan Tipikor Padang.

Hal ini ditegaskan Kasipidsus Kajari Pasaman, Erik Eriyadi kepada Singgalang, Rabu (18/4).

“Sejauh ini belum dapat dipastikan apakah mereka memakai pengacara sendiri atau pengacara yang ditunjuk,” kata Erik.

Erik memastikan, empat tersangka ini, Kepala Bidang (Kabid) Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemkab Pasaman bernama Salman (43) dan Dasril (44) serta Doni (39) yang menjabat staf Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Leonardy JD (47), selaku rekanan proyek pembangunan dari PT RCP akan dibawa dari rutan Kelas II Lubuk Sikaping menuju Padang.

Di sisi lain sebelumnya, ketiga oknum PNS ditetapkan sebagai tersangka ini berperan aktif dalam terjadinya dugaan tindak pidana korupsi. Ketiga tersangka yang saat kejadian menjabat sebagai Kelompok Kerja (Pokja) Unit Layanan Pengadaan Pasaman, sengaja memenangkan perusahaan milik tersangka Lisnu.

Dalam aturan administrasi, perusahaan Lisnu, tidak memenuhi persyaratan untuk bisa mememangkan tender. Hal ini diperparah saat proses pengerjaan, rekanan memainkan volume pekerjaan yang tidak sesuai dengan dokumen kontrak.

Pekerjaan Lisnu dinilai tidak sesuai dengan Perpres 70 tahun 2013 tentang pengadaan barang dan jasa. Akibat tindakan keempat tersangka ini, diduga kuat telah menimbulkan kerugian keuangan negara sekitar Rp200 juta. (can)

Loading...