Tarif Hanya Rp10.000, Ayo Naik Kereta Api Ke BIM

oleh
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno uji coba naik Kereta Api (KA) Bandara Minangkabau Ekspres, dijadwalkan segera beroperasi Mei 2018. Ist

PADANG-Lama menunggu, akhirnya Kereta Api (KA) Bandara Minangkabau Ekspres dijadwalkan segera beroperasi Mei 2018. Tarif yang dikenakan pada penumpang hanya Rp10.000 dengan jarak tempuhnya mencapai 22 kilometer, dengan waktu tempuh KA diperkirakan 30 menit.

Rabu (24/4) Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama jajarannya dan wartawan melakukan uji coba, perjalanan dari Padang menuju BIM.

“Semua kelengkapan sudah siap. Nanti rencananya awal Mei, Menteri Perhubungan Budi Karya yang akan melakukan soft launching atau memperkenalkan pada masyarakat keberadaan KA Minangkabau Ekspres ini,” ungkapnya.

Irwan Prayitno menjelaskan, setelah perkenalan keberadaan KA Minangkabau Ekspres dilaksanakan, maka sesudahnya kereta akan beroperasi. Sementara untuk peresmian secara besar-besaran dilakukan oleh Presiden Joko Widodo, namun belum pasti jadwalnya.

Irwan menceritakan, dibutuhkan waktu yang cukup lama merealisasikan moda transportasi terintegrasi ini. Kendala awal, pembebasan lahan untuk pembangunan rel dari wilayah Duku menuju BIM sepanjang 3,9 km, cukup lama tuntas. Dimulai tahun 2014, tuntas tahun 2016. Bahkan penyelesaiannya sampai ke meja pengadilan.

Irwan Prayitno berharap, masyarakat benar-benar memanfaatkan keberadaan kereta menuju bandara. Sebab lebih cepat, hemat, dan efektif.

Sementara itu, Kepala PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional (KAI Divre), Yuherman menjelaskan, nantinya layanan kereta api menuju BIM tak saja diperuntukkan bagi penumpang KA Minangkabau Ekspres dari Padang. Penumpang kereta api dari Pariaman dan Kayu Tanam, bisa juga diarahkan masuk ke BIM, transit ke stasiun Duku.

“Untuk jadwal KA Minangkabau Ekspres, pasti kita sesuaikan dengan jadwal kedatangan ataupun keberangkatan pesawat,” ungkap Yuherman. (Yose)

Loading...