Taram-Andaleh Dikepung Banjir

oleh
Banjir melanda kawasan Andaleh.(ist)

SARILAMAK – Ruas jalan penghubung Taram Kecamatan Harau dengan Andaleh, Kecamata Luhak, kembali dikepung banjir Minggu (2/12). Bencana ini, tiap sebentar terjadi kalau hujan sudah lebat.

“Saya minta, Dinas PU, serta OPD terkait, sudah harus lakukan kajian terukur serta langkah tekhnis penanggulangannya,” kata Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, saat meninjau lokasi genangan air.

Menurut Bupati, dari dulu, banjir selalu terjadi di Taram maupun ruas jalan ke Andaleh. “Padahal, kita sudah melakukan beberapa normalisasi sungai. Dinas PU mesti melakukan langkah terukur,” terangnya.

Kepala BPBD Limapuluh Kota Jhoni Amir yang mendampingi Bupati dalam kunjungannya, mengaku, banjir disebabkan karena kawasan Luak Limopuluah sejak beberapa hari terakhir diguyur hujan deras.

“Kami menghimbau masyarakat, untuk waspada,” kata Jhoni Amir. Dia memastikan, walau dikepung banjir, namun akses jalan di kedua wilayah tetap bisa dilalui.

“Tadi, ada beberapa unit rumah warga di Subarang tidak bisa dihuni, karena air masuk total. Namun, jumlahnya tidak banyak. Bisa diatasi,” kata Jhoni Amir.

Dia sependapat dengan Bupati, persoalan banjir sudah mesti ditangani dengan kegiatan tekhnis. “Semoga 2019 nanti bisa ditindaklanjuti,” kata Jhoni Amir. (bayu)

Loading...