Tangguh Dalam Segala Bidang, Nagari Sungai Langkok Dinobati Sebagai Nagari Tageh

  • Whatsapp
Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan memukul gong launcing nagari tageh (Tangguh- red) di Kenagarian Sungai Langkok, Kecamatan Tiumang. (Roni Aprianto)

Dharmasraya – Kinerja Pemerintah Nagari Sungai Langkok, Kecamatan Tiumang diepresiasi Bupati Djarmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Nagari Sungai Langkok dinobati sebagai nagari tageh alias tangguh dalam penanganan  covid-19 dan kesehatan masyarakat, tangguh dalam ketahanan pangan, tangguh dalam terciptanya ketertiban dan keamanan, serta tangguh dalam kebersihan lingkungan.

“Ini harus menjadi motivasi bagi nagari- nagari lainnya yang ada di wilayah Dharmasraya,” ungkap Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan di sela- sela kegiatan Launcing Nagari Tageh, Nagari Sungai Langkok, Senin (6/7).

Kata bupati, Nagari Sungai Langkok termasuk salah satu nagari zona hijau covid-19. Ini tentunya lantaran tingginya kesadaran masyarakat dalam menyerapkan hidup sehat sesuai protokol kesehatan.

“Memutus mata rantai penyebaran covid-19 merupakan tugas bersama.  Apresiasi juga untuk semua masyarakat,” kata bupati.

Lanjut bupati, untuk ketahanan pangan, ia mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan perkarangan kosong disekitar lingkungan rumah dengan menanan tumbuh- tumbuhan yang bermanfaat,  seperti sayur manyur, cabe, umbi-umbian, serta buah-buahan.

“Ketahanan pangan bisa terwujud apabila dengan kerjasama dan tanggungjawab semua stakeholder,” pungkasnya.

Sementara itu, Walinagari Sungai Langkok, Kecamatan Tiumang, Narin Imam mengatakan, launcing nagari tageh merupakan salah satu angenda silaturahmi antara pemerintah kabupaten dan nagari, pihak kepolisian, TNI, tokoh masyarakat serta bundo kanduang.

Lanjut Narin Imam, Nagari Sungai Langkok merupakan pemekaran dari Nagari Tiumang yang memiliki penduduk heterogen, ada jawa, minang, dan sunda.

“Di sini kami hidup berdampingan, dan harmonis. Ini adalah salah satu indikator penilaian nagari tangguh. Kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak, ibu dan undangan lainnya,” pungkasnya.

Kemudian Kapolres Dharmasraya, AKBP Aditya Galayudha Ferdiansyah mengatakan, awalnya pihak kepolisian melakukan penilaian nagari tageh kepada empat nagari yang ada di wilayah Dharmasraya. Setelah dilakukan beberapa aspek penilaian seperti, ketertiban dan keamanan, kesehatan, kebersihan lingkungan, dan pangan.

“Nagari Sungai Langkok mendapat nilai terbaik nagari  tangguh. Keamanan di wilayah Nagari Sungai Langkok juga sangat bagus lantaran adanya sinergitas masyarakat jorong, nagari, kecamatan dan pihak kepolisian,” pungkasnya. (Roni)

Pos terkait