Tak Terkait Politik, DPRD Hanya Ingin Tahu Pengelolaan Dana Umat

oleh -607 views

PADANG – Ketua Komisi IV DPRD Padang Maidestal Hari Mahesa merasa heran dengan pro kontra terkait persoalan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang yang diundang Komisi IV DPRD Padang.

Bahkan ada pihak yang mengkait-kaitkan dengan konstalasi politik di Padang. Tak hanya itu, sejumlah kader salah satu partai politik seperti kebakaran jenggot dan membela mati-matian.

“Kenapa Komisi IV mengundang Baznas dikait-kaitkan dengan politik. Tak ada hubungannya. Kami hanya ingin tahu pengelolaan dana ummat yang dikumpulkan Baznas melalu zakat para muzaki di Kota Padang,” kata Maidestal Hari Mahesa, kemarib.

Menurutnya, Baznas adalah organisasi independen yang mengelola dana ummat. Dan dalam Perda No. 2 tahun 2010 tentang pengelolaan zakat khususnya pasal 22 mengatakan “Masyarakat dapat berperan serta dalam melakukan pengawasan BAZ daerah”.

“Nah dari pasal itu, kami DPRD sebagai perwakilan dan representasi dari masyarakat tentu bisa mengundang untuk meminta penjelasan terkait pengelolaan dana umat itu,” katanya.

Selain itu dalam pasal 21 juga disebutkan “BAZ Daerah dan LAZ yang berada di Padang wajib memberikan laporan triwulan, semester dan tahunan dari pelaksanaan tugasnya kepada Walikota dan DPRD dan diumumkan di media massa”.

“Dan alhamdulillah sejak Perda itu ada tahun 2010, belum sekalipun Baznas memberikan laporan kepada DPRD. Jadi apa salahnya kalau sekarang kami minta penjelasan,” kata Esa.

Lalu soal ada yang mengaitkan dengan politik, atau Pilkada dan kader parpol yang seperti kebakaran jenggot, Esa justru balik bertanya. “Ada hubungan apa Baznas dengan politik, pilkada maupun partai politik. Kondisi itu justru menimbulkan kecurigaan. Kami hanya ingin minta penjelasan pengelolaan dana umat koj diseret ke ranah politik,” katanya.

Maidestal mengatakan, silahkan saja masyarakat Kota Padang yang menilai terkait hal Ini. Selaku wakil rakyat, ini semata-mata demi menyelamatkan dana umat yang dikelola oleh Baznas Kota Padang.(bambang)

Loading...