Tahun Ini Pemko Payakumbuh Tak Difasilitasi Pelaksanaan Shalat Idul Adha

  • Whatsapp
Ulfakhri

PAYAKUMBUH-Semakin dekatnya Hari Raya Idul Adha 1441 hijriah, Pemko Payakumbuh melalui Bagian Kesra terlihat makin sibuk. Bagaimana tidak, setiap tahunnya Pemko memfasilitasi masyarakat untuk pelaksanaan sholat hari raya. Namun karena wabah Covid-19 masih belum juga reda, maka keputusan pahit harus diambil daerah itu.

Kabag Kesra Setdako Payakumbuh Ulfahri, kepada Singgalang, Kamis (2/7), mengatakan, Pemko Payakumbuh tahun ini tidak memfasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha 1441 Hijriyah bersama seperti yang rutin digelar setiap tahunnya. “Sama dengan saat Idul Fitri tahun ini, Pemko Payakumbuh tidak memfasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha. Kalau kami fasilitasi pelaksanaan shalat id, bisa membuat masyarakat terkonsentrasi di satu tempat saja. Dan ini yang sangat kita takutkan, karena protokol kesehatan sudah pasti tidak dihiraukan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sebelum adanya pandemi Covid-19, Pemko Payakumbuh terus menggelar atau memfasilitasi pelaksanaan shalat Idul Adha seperti tahun sebelumnya di halaman kantor balaikota. Meski demikian, masyarakat tetap diperbolehkan menggelar shalat Idul Adha di masjid atau di lapangan di tempat tinggal masing-masing, namun tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan.

“Untuk itu, bagi masyarakat yanga melaksanakan shalat Idul Adha, bisa dilaksanakan di masjid yang ada di dekat rumah masing-masing. Sehingga pemantauan pun akan lebih mudah dilaksanakan. Di sini sangat dibutuhkan peran dari pengurus masjid dan masyarakat sekitar, untuk memantau jamaah yang shalat di daerah nya. Ini untuk kebaikan kita bersama juga,” tambahnya.

Sejak dinyatakan bebas dari kasus Covid-19 alias telah berada kembali di zona hijau, secara umum Pemko Payakumbuh telah memperbolehkan seluruh kegiatan keagamaan di rumah ibadah sesuai aturan yang telah ditetapkan. “Diaturan itu, masyarakat telah dibolehkan melakukan ibadah di rumah ibadah dengan mematuhi protokol kesehatan. Dengan tetap memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak dan semaksimal mungkin tetap mengurangi kegiatan di luar rumah,” pungkasnya. yuke

Pos terkait