Syaiful Rustam Bakal Dilantik Jadi Sekda Kota Solok

  • Whatsapp
Syaiful Rustam

SOLOK – Syaiful Rustam, pamong senior di lingkungan Pemko Solok bakal dilantik jadi sekretaris daerah. Pelantikan akan dilaksanakan sehubungan telah dikantonginya izin dari Kemendagri terkait nama yang diajukan sebelumnya oleh Pemko Solok.

Ia akan mengisi kursi kosong di lingkungan Pemko Solok tersebut. Syaiful adalah alumni APDN angkatan XX yang selanjutnya akan mengisi jabatan yang sebelumnya ditinggalkan pejabat lama Rusdianto.

Bacaan Lainnya

“Pelantikan akan dilakukan dalam waktu dekat ini,” kata Kabag Protokoler Kota Solok Nurzal Gustim, Kamis (28/5).

Nurzal menjelaskan, Syaiful Rustam merupakan calon Sekda hasil seleksi dengan nilai tertinggi beberapa waktu lalu. Kemudian berangkat dari hasil tersebut namanya dikirim Kemendagri untuk pengajuan pelantikan.

Tamatan APDN 1989 dengan deretan riwayat karir sebelumnya bersaing dengan dua kandidat di antaranya Asisten Bidang Pemerintahan (Asisten 1) Pemko Solok Nova Elfino, dan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Solok Selatan, Efi Yandri.

Dari seleksi dengan sejumlah tahapan tersebut Syaiful Rustam yang memulai karir di Kota Solok sejak 1994, diawali berkarir sebagai PNS di Kabupaten Solok 1992, dalam seleksi tersebut memperoleh nilai tertinggi dari dua pesaingnya.

Saat ini, Sekda Kota Solok dijabat Luhur Budianda, sebagai pejabat Sekda.

Luhur Budianda sebelumnya menggantikan Pj Sekda sebelummya  Nova Elfino, yang telah tiga bulan menjabat.

Deretan jabatan yang pernah dijabat sebelumnya oleh Syaiful Rustam yakni Camat Tanjung Harapan, Kasat Pol PP, Kabag Pemerintahan, Kabag Humas, Kepala Badan Kesbangpol, Kepala Dinas Kebersihan dan Tata Ruang, Asisten Pemerintahan, dan saat mengikuti seleksi menjabat sebagai Kadis Kependudukan dan Pencacatan Sipil Kota Solok.

Walikota Solok Zul Elfian menyatakan dengan telah keluarnya izin Kemendagri pelantikan Sekda yang baru akan dilakukan secepatnya.

“Direncanakan pelantikan pada Rabu (3/6/2020) di Gedung Kubuang Tigo Baleh. Prosesi pelantikan akan disesuaikan dengan standar protokol Covid-19,” ujar Zul Elfian.

Sementara itu, Syaiful Rustam Kamis(28/5) mengaku telah mendapatkan kabar baik tersebut. (oky)

Pos terkait