Sumbar Tuan Rumah Pemilihan Putera-Puteri Duta Wisata Nusantara Nasional 2021

  • Whatsapp
DUTA WISATA - Para finalis Pemilihan Putera-Puteri Duta Wisata Nusantara Nasional 2021 berfoto bersama dewan juri. (ist)

PADANG – Sumatera Barat (Sumbar) menjadi tuan rumah ajang pemilihan Putera-Puteri Duta Wisata Nusantara (PPDWN) 2021 tingkat nasional. Kegiatan ini dihelat mulai Kamis hingga Sabtu (8-10/4).

Kegiatan ini diikuti duta wisata dari sejumlah provinsi di Indonesia, antara lain Sumbar, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Sulawesi Tengah, Kalimantan Selatan, serta DKI Jakarta.

Bacaan Lainnya

Ajang pemilihan PPDWN ini digelar Sabanta Management yang bekerjasama dengan Ikatan PPDWN Sumbar dan sejumlah instansi terkait.

Ardian Suganda, Founder Duta Wisata Nusantara, mengatakan ini kali pertama bagi Sumbar menjadi tuan rumah pemilihan duta wisata tingkat nasional, dan merupakan program lanjutan dari pemilihan PPDWN Sumbar pada tahun 2020.

“Kami berharap, ajang ini dapat mengangkat sektor kepariwisataan Sumbar, seperti wisata kuliner, seni-budaya, serta potensi wisata alamnya yang memikat. Di masa pandemi perlu upaya-upaya untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata,” katanya.

“Ini juga merupakan upaya kami menyemarakkan Sumbar sebagai daerah tujuan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition” dalam industri pariwisata ,” harapnya, seraya menambahkan pihaknya berupaya menerapkan protokol kesehatan dalam acara tersebut.

Sebelum malam grand final yang akan digelar di Grand Inna Hotel pada Sabtu (10/4), para duta wisata ini mengikuti masa karantina selama tiga hari dan harus mengikuti pembekalan (seperti bidang ekonomi kreatif, kepariwisataan, budaya, keorganisasian, public speaking, etika kepribadian, beauty class, busana). Para peserta juga mesti memperagakan busana nasional dalam fashion carnaval di Pantai Padang Sabtu pagi.

Sejumlah public figure berkompeten di bidangnya didaulat menjadi juri, yakni Trisna Putra, Noviyanti A, Debby Susiyanti, Ade Yonanda Irza, Soesilo Abadi Piliang, serta sejumlah juri kehormatan. Kriteria penilaian pemilihan PPDWN meliputi 3 B (brain, beauty, behaviour), serta performance.(107)

Pos terkait