Sukses Gerakkan Literasi, Bupati Irdinansyah Dapat Penghargaan

  • Whatsapp
Kepala Dinas Dikbud Tanah Datar Riswandi, menerima penghargaan literasi dari Media Guru Indonesia untuk Bupati H. Irdinansyah Tarmizi, karena dinilai sukses menggerakkan literasi di daerah berjuluk Luhak Nan Tuo itu.(humas)

BATUSANGKAR – Saat ini tercatat sekitar 117 guru menjadi penulis. sudah 135 judul buku yang berhasil diterbitkan, baik karya guru-guru penulis itu, maupun siswa penulis. Atas prestasi itu, Bupati Tanah Datar H. Irdinansyah Tarmizi pun dinobatkan sebagai tokoh penggerak literasi nasional 2019.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas Dikbud) Tanah Datar Riswandi, Minggu (1/12) menyebut, penghargaan bertaraf nasional yang diterima bupati itu berasal dari Media Guru Indonesia (MGI) yang diserahkan Sabtu (29/11), di Jakarta.

Bacaan Lainnya

“MGI adalah salah satu media berpengaruh di kalangan dunia pendidikan nasional. Bersama lembaga ini, banyak guru-guru yang mendapat dukungan dalam usaha mereka menjadi penulis dan menerbitkan buku. Dukungan yang diberikan kepala daerah menjadi kunci utama dalam gerakan-gerakan yang dilakukan MGI bersama guru,” terangnya.

Riswandi menyebut, penghargaan yang diterima bupati itu diberikan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN), bersamaan dengan Temu Nasional Guru Penulis 2019. Riswandi mengatakan, pemberian penghargaan kepada para tokoh, tentu telah melewati berbagai pertimbangan, dukungan, dan kontribusinya dalam memajukan gerakan literasi.

Dikatakan, dia diamanahkan menerima penghargaan untuk Bupati Irdinansyah pada sebuah prosesi seremonial yang hikmat, dan diserahkan langsung Pemimpin Umum MGI Muhammad Ihsan.

Saat ini, jelas Riswandi, sudah ada 135 judul buku karya guru penulis dan 3 siswa penulis dengan 6 buah karya. Untuk lebih majunya guru-guru penulis, katanya, kini sudah terbentuk Ikatan Guru Penulis Penggiat Literasi (IGPPL) di Tanah Datar dengan 117 orang guru penulis sebagai anggota.

Selain bupati Tanah Datar, penerima penghargaan lainnya adalah bupati Grobongan Jawa Tengah, wakil Walikota Binjai, Kakanwil Kemenag Sumatera Barat dan Kakanwil Kemenag Bintan. (Musriadi Musanif)

Pos terkait