Solok Selatan Terima Penghargaan dari Menteri Kesehatan

oleh -449 views
Menteri Kesehatan RI. Nila F. Moeloek menyerahkan piagam penghargaan pencapaian Program Imunisasi Nasional periode 2015-2017 pada Sekdakab. H. Yulian Efi, Minggu (29/4). (ist)

PADANG ARO – Solok Selatan meraih penghargaan dari 10 kabupaten/kota terbaik di Indonesia dalam kinerja pencapaian Program Imunisasi periode 2015-2017.

Prosesi penyerahan penghargaan tersebut dilakukan oleh Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek kepada Bupati yang diwakili Sekdakab Solsel, H. Yulian Efi pada acara Pekan Imunisasi Dunia dan Hari Malaria se-Dunia di Pandeglang Banten, Minggu (29/4/2018).

“Keberhasilan ini sekaligus sebagai sebuah tolok ukur keberhasilan peningkatan kualitas pelaksanaan imunisasi yang telah dilakukan oleh 24 dokter, 110 bidan/perawat dan 170 tenaga kesehatan pada 9 Puskesmas di 7 kecamatan yang ada,” kata Kadis Kesehata Solsel, Dr. H. Novirman, SKM yang turut mendampingi penerimaan penghargaan tersebut.

Adapun 10 kabupaten/kota penerima penghargaan pemerintah pusat terkait pelaksanaan Program Imunisasi itu antara lain,  Bupati Tabanan, Bupati Buleleng, Bupati Solok Selatan, Labuhan Batu Utara, Bupati Barito Utara, Bupati Barito Timur, Bupati Kaloka Utara, Bupati Banyumas ,Walikota Palu, dan Walikota Tanjung Pinang.

Pada tahun 2018 ini, Solok Selatan kembali mendapat tantangan untuk pelaksanaan Universal Health Coverager (UHC) yang merupakan program jaminan kesehatan semesta melalui percepatan penurunan eliminasi TBC, Penurunan Stunting dan Peningkatan Cakupan dan Mutu Imunisasi, kata Novirman.

Program UHC ini, di Solok Selatan, menurut Novirman telah dilakukan, dan tinggal kita mengoptimalkannya pada beberapa bulan berikutnya.

Yulian Efi usai menerima penghargaan, mengajak semua pihak untuk dapat mempertahankan prestasi ini dengan terus melakukan evaluasi program.

Sehingga sasaran akhir dari program ini tidak saja dalam bentuk penghargaan, akan tetapi betul-betul mewujudkan kualitas kesehatan masyarakat secara umum. (af)

 

Loading...