SMP Negeri 5 Padang Berbagi Lewat Penli Peduli

  • Whatsapp
Kepala SMPN 5 Padang, Junaidi, menyerahkan donasi Penli Peduli kepada perwakilan orangtua kurang mampu. Ist

PADANG-SMPN 5 Padang mengelar aksi sosial, dengan menggalang dana untuk membantu siswa kurang mampu di lingkungannya. Selain itu sekolah tersebut juga menggalang dana untuk guru honorer dan warga sekitarnya.

Kepala SMPN 5 Padang, Junaidi, M. Ag, M. Pd, mengatakan bantuan diserahkan untuk 100 siswa kurang mampu, 19 guru/ pegawai honr dan 45 wargha sekitar sekolah.

“Kegiatan berbagi kami ini diberi nama SPENLI Pedulu. Kegiatan ini berbentuk pengumpulan sumbangan yang berasal dari orang tua siswa, alumni beserta guru dan pegawai (PNS) SMP Negeri 5 Padang. Sumbangan ini diberikan kepada siswa kurang mampu, guru dan pegawai honor serta masyarakat kurang mampu sekitar sekolah,” terang Junaidi.

Disebutkannya, siswa kurang mampu yang memperoleh bantuan SPENLI PEDULI memperoleh bantuan uang tunai sebesar Rp. 200.000. Sedang jumlah guru dan pegawai honor yang memperoleh bantuan 19 orang. Masing-masing guru dan pegawai honor memperoleh bantuan uang tunai sebesar Rp500.000. Sedangkan jumlah warga masyarakat sekitar sekolah yang memperoleh bantuan, masing-masing memperoleh paket sembako berupa beras 10 kg, minyak kemasan 1 liter, gula 1 kg dengan harga 150.000/paket.

“Total sumbangan yang diserahkan dalam Gerakan SPENLI PEDULI ini ialah Rp35.500.000,” terangnya.

Penyerahan santunan iitu dilaksanakan di halaman SMP Negeri 5 Padang pada Sabtu, 8 Mei 2021 dan dihadiri oleh Ketua Komite, Drs. Joni Anwar, SH, MH, Sekretaris Umum Alumni Lintas Angkatan SMPN 5 Padang, Putri Yanhelmi, SH, MH. Juga turut hadir Program Manager Yayasan Ruang Anak Dunia (Ruandu) Foundation, Wanda Leksmana, SH, sebagai mitra SMPN 5 Padang dalam mewujudkan sekolah ramah anak.

Ketua komite sangat mengapresiasi kegiatan sosial tersebut. Apalagi dimasa pandemi Covid-19 banyak masyarakat yang tengah kesulitan ekonomi. Begitu pula alumni yang diwakili Ibu Putri Yanhelmi sangat mendukung kegian Spenli Peduli.

Menurut Kepala SMPN 5 Padang yang juga kini menjadi PLT SMPN 1 Padang, Junaidi, kegiatan Spenli Peduli ini merupakan agenda tahunan yang terus dilakukan SMPN 5 Padang setiap bulan Ramadhan. Tahun ini sudah memasuki tahun ketiga dari kegiatan Spenli peduli. Kegiatan dipilih di bulan Ramadhan juga agar yang menerima turut bergembira di Hari Raya Idul Fitri, sambung kepala sekolah yang pernah mengecap S.2 di Amerika Serikat ini. 107

Related posts