Siswa SMAN 1 Sumbar Lolos Sehari Jadi Menteri PPPA

PADANG – Kanaya Malika Amanda (17), siswa kelas XII SMAN 1 Sumbar asal Padang Panjang lolos pada program dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) yaitu “Sehari Jadi Menteri PPPA” dalam memperingati Hari Anak Perempuan Internasional.

Program ini digelar untuk mengajak anak Indonesia ikut serta dalam Sehari Menjadi Menteri PPPA dengan tema “Anak Indonesia Terlindungi dari Segala Bentuk Kekerasan Seksual”.

Dimana tema ini sejalan dengan program Kemen PPPA terkait pelopor dan pelapor (2P), yang bertujuan membangun kapasitas anak agar dapat melakukan pencegahan dan melindungi dirinya dari segala bentuk kekerasan.

Lolosnya Kanaya dalam program ini dengan melewati tiga tahap penilaian, diantaranya tahap 1 pembuatan video opini dan solusi, tahap kedua tes tulis pengetahuan terkait menteri dan tahap ketiga wawancana oleh yayasan Plan Indonesia dan pihak Kemen PPA.

Kanaya lolos berdua dengan siswa yang berasal dari Ambon dalam kategori individu. Kanaya sendiri juga merupakan Ketua Forum Anak Kota Padang Panjang dan juga sebagai Duta SMAN Provinsi Sumbar Direktorat SMA.

“Saya berharap dengan terpilihnya Satu Hari Jadi Menteri PPPA ini bisa berkontribusi aktif dalam memperjuangkan hak-hak anak nantinya, dan juga bisa meningkatkan kualitas diri saya dalam memberikan manfaat kepada orang lain,” ujarnya kepada Kominfo beberapa waktu lalu.

Selain mendapatkan dukungan penuh dari orang tuanya, Kanaya juga didukung oleh Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.