Siswa Perguruan Muhammadiyah Lawang Ceramah Ramadhan Pakai Tiga Bahasa

  • Whatsapp
Ceramah agama siswa Perguruan Muhammadiyah Lawang Tigo Balai Kecamatan Matur, Agam pada safari Ramdhan, Selasa (20/4) di Masjid Jamik Lawang Tigo Balai. (Kasnadi)

LUBUK BASUNG – Guna Pengembangan keterampilan siswa sesuai ilmu yang diperdapat dibangku pendidikan, Tim Safari Ramadhan (TSR) Perguruan Muhammadiyah Lawang Tigo Balai Kecamatan Matur pada kunjungan safari Ramadhan dengan ceramah agama tiga bahasa.

“Kegiatan Tim Ramadhan Perguruan Muhammadiyah Lawang Tigo Balai ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Ramadhan kalai ini membentuk tim sebanyak 10 TSR  terdiri dari siswa aliyah dan tsanawiyah,” kata Muhammad Syafei di Masjid Jamik Lawang Tigo Balai, Selasa (20/4).

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Muhammad Syafei, dalam upaya peningkatan pengetahuan serta pengembangan keterampilan siswa, masing-masing tim berkekuatan 7 orang terdiri siswa dan guru pembimbing, setiap siswa memberikan ceramah sertai pembawa acara tampil dengan tiga bahasa, adapun siswa sebagai anggota tim di Masjid Jamik Lawang Tigo Balai terdiri dari, Maharani Harika, Siti Rahma Hidayati, Lastri Rahmayanti, Sheril Latifa Putri, dan Budi.

Tujuan TSR Perguruan Muhammadiyah Lawang Tigo Balai turun ke masjid dan mushala selain melatih siswa berceramah sekaligus bersilaturahmi dan memperkenalkan siswa kepada orang tua dan masyarakat.

Perkembangan perguruan dan kemajuan perguruan Muhammadiyah Lawang Tigo Balai sebut Muhammad Syafei, tingkat Aliyah dengan nilai akreditasi A memiliki 23 siswa tingkat Aliyah telah selesai studinya 3 orang lulus diterima di Pergurian Tinggi Universitas Jambi, dua orang lulus di UNP program ilmu hukum dan sastra sedangkan 18 orang lainnya mengikuti seleksi masuk perguruan agama islam dan lulus 17 orang sesuai minat dan bakat mereka.

Tidak tertutup kemungkinan, bila siswa yang mendaftar cukup banyak pada jalur Aliyah, pihak perguruan Muhammadiyah Lawang Tigo Balai akan membuka program jurusan keagamaan dan dikembangkan dengan program jurusan IPA.

Kemudian pihak perguruan Muhammadiyah saat ini sedang giat mengerjakan pembangunan Mushala Darul Ulum berada dikomplek perguruan, keberadaan Mushala tersebut, selain tempat beribadhah shalat berjamaah bagi siswa, juga ruangan labor agama Islam dan ruangan belajar.

Yunaidi Rajo Mudo pemuka masyarakat Lawang sekaligus pemerhati pendidikan menjelaskan, perkembangan perguruan Muhammadiyah Lawang Tigo Balai Kecamatan Matur itu dari tahun ke tahun memperlihatkan kemajuan, baik disegi pembangunan dan prestasi siswa tingkat MTs dan tingkat Aliyahnya. (Kasnadi)

Pos terkait