Setelah 12 Jam, Api di Pabrik Karet Bisa Dipadamkan

Ilustrasi. (medicalexpress)

PADANG – Setelah 12 jam berjibaku memadamkan api, akhirnya petugas gabungan Pemadam Kebakaran Kota Padang, berhasil memadamkan api yang membakar gudang penyimpanan olahan karet milik PT Incasi Raya di jalan Bypass KM 3 Lubuk Begalung.

“Api dapat dipadamkan oleh petugas gabungan sekitar pukul 17.30 WIB sore ini,” kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Padang, Hendrizal Azhar.

Pihaknya berusaha agar proses pemadaman api tersebut tidak sampai malam hari dengan cara menggunakan alat berat untuk mengeluarkan material karet sintetis yang ada di dalam gudang.

Alat berat tersebut juga digunakan untuk mendobrak dinding gudang mengeluarkan material-material yang menyebabkan api terus membesar.

Setelah melakukan pemadaman sejak pukul 06.15 WIB hingga sore hari, api terus membesar dan membuat kawasan Lubuk Begalung dipenuhi asap hitam hingga sore hari.

Ratusan warga yang melintas di kawasan tersebut juga menonton petugas yang berupaya melakukan pemadaman api.

Puluhan petugas kepolisian berjaga agar masyarakat tidak memasuki kawasan gudang sehingga mengganggu petugas bekerja.

Selain itu petugas lainnya berupaya mengatur lalu lintas agar mobil pemadam yang keluar masuk gudang tidak terganggu. Kemudian mereka juga mengatur agar tidak terjadi kemacetan di kawasan itu.

“Sejak pagi kami berupaya memadamkan api dan mengisolasi agar api tidak menjalar ke lokasi lain. Gudang di sebelah bangungan berisi cangkang sawit dan telah dievakuasi,” tuturnya.

Ia menjelaskan saat ini gudang telah padam dan diberi garis polisi. Dirinya berterima kasih kepada seluruh petugas dan pihak yang terlibat dalam pemadaman gudang tersebut.

“Tugas kita untuk memadamkan api telah selesai selanjutnya kita serahkan kepada pihak berwajib untuk menindaklanjuti ini,” jelasnya. (arief)

Loading...