Sepi Peminat,Penjualan Alat Rumah Tangga Anjlok

oleh -615 views
www.tribunnews.com

PADANG-Hanya tiga hari menjelang Idul Fitri, penjualan alat rumah tangga masih sepi. Penjualan tidak sampai separo dari periode yang sama tahun lalu.

Pengakuan beberapa pedagang alat rumah tangga kepada Singgalang, Minggu (2/6), menjelang Lebaran tahun ini penjualan mereka sangat jauh menurun.

“Tidak sampai setengah dibandingkan menjelang Lebaran tahun lalu,” ujar Bujang.

Padahal menurutnya menjelang Lebaran biasanya penjualan alat rumah tangga akan sangat melonjak. Tetapi tidak untuk tahun ini. Meskipun sudah membuka tokonya setiap hari, tetap saja penjualan tidak seperti yang diharapkan.

“Padahal biasanya ini merupakan masa-masa panen bagi kami pedagang alat rumah tangga selain pasca banjir,” tukuk Bujang.

Tak jauh berbeda, keluhan akan anjloknya jual beli juga disampaikan Evi, pedagang lainnya. Namun, ia mengaku sudah memprediksi sebelumnya.

Disebabkan telah diprediksi, ia memilih tidak banyak menambah barang yang akan dijual. Bahkan jika tahun-tahun sebelumnya di tokonya ia menjual blender, serta oven, tahun sekarang tidak. Pasalnya, jika tidak terjual dirinya akan mengalami kerugian yang cukup besar.

“Sudah diprediksi juga akan lengang, tapi tidak menyangka akan terlalu lengang seperti sekarang,” ujar Evi, yang enggan menyebutkan jumlah penjualannya beberapa hari belakangan.

Lengangnya jual beli menurut Evi ada yang berubah dari kesehariannya. Jika tahun-tahun sebelumnya lebih sering berbuka di toko, tahun ini hampir setiap hari di rumah.

“Kalau tahun dulu anak-anak saya juga ikutan buka puasa di toko karena membantu jualan,” pungkas Evi yang biasa berjualan di Pasar Tabing. (hirval)

Loading...