Sempat Terputus, Bukittinggi-Padang Panjang Kembali Lancar

  • Whatsapp
Tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Satlantas Polres, PLN, dan masyarakat saat mengevakuasi pohon tumbang di jalan nasional Bukittinggi-Padang Panjang.(BPBD-PP)

 

PADANG PANJANG – Sempat terputus Kamis (26/11) dinihari, sekira pukul 02.30 WIB, pagi ini arus lalu lintas di jalan nasional yang menghubungkan Bukittinggi dengan Padang Panjang kembali lancar.

Bacaan Lainnya

‘’Sudah lancar pak. Kendaraan dari kedua arah sudah bisa melintas,’’ ujar Zulham Benni Kusuma, salah seorang warga Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto, Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Panjang Syafrijon menjelaskan, bencana yang memutus akses transportasi utama di Sumbar itu, akibat adanya pohon tumbang yang menimpa badan jalan di Nagari Panyalaian.

Begitu mendapat laporan adanya bencana tersebut, pihaknya langsung turun ke lapangan. Kendati berada di wilayah Kabupaten Tanah Datar, namun akses terdekat ke titik bencana adalah Kota Padang Panjang yang hanya berjarak sekitar lima kilometer, sementara dari Batusangkar lebih dari 30 kilometer.

‘’Tim kita langsung turun ke lapangan, bekerjasama dengan Satlantas Polres Padang Panjang, PLN Kota Padang Panjang, Pusdalops BPBD, dan masyarakat. Pohon tumbang itu berhasil dievakuasi dan arus lalu lintas kembali lancar,’’ ujarnya, sebagaimana disiarkan melalui grup whatsapp Humas Polres Padang Panjang.

Dikatakan, tim gabungan melakukan pendataan, kajian cepat, melakukan pemotongan, dan pembersihan material yang menutupi badan jalan. Tak ada kerugian dalam musibah ini, imbuhnya, baik kerugian jiwa maupun material.

Syafrijon menjelaskan, pohon tumbang itu diperkirakan akibat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah itu sejak Rabu (25/11) malam, disertai dengan angin kencang.

Kemacetan dari kedua arah cukup panjang, sebutnya, karena selain arus kendaraan yang cukup padat, petugas pun membutuhkan waktu untuk mengevakuasi pohon tersebut.(musriadi)

Pos terkait