Semarakkan Lebaran, Dinas Pariwisata Kabupaten Solok Gelar Pesona Lima Danau

  • Whatsapp
Pembukaan Pesona Lima Danau di Alahan panjang Resort ditandai dengan pemukulan gendang oleh Bupati Gusmal, Sabtu (16/6) malam. (rusmel)

AROSUKA – Bupati Solok H. Gusmal didampingi Ketua Dekranasda Ny. Desnadefi membuka event Pesona Lima Danau Sabtu (16/6) malam. Pesta Pesona Lima Danau ini akan berlangsung hingga 30 Juni 2018 mendatang.

Di hadapan ribuan pengunjung objek wisata Alahan Panjang resort, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat Yandra, menyebutkan Pesona Lima Danau diagendakan untuk lebih memeriahkan suasana lebaran 1439H di Kabupaten Solok.

“Pesona Lima Danau merupakan event unggulan Kabupaten Solok yang digagas bersama tim gabungan Lebaran Sumbar 2018 untuk mendukung tagline lebaran nyaman di ranah Minangkabau,” kata Yandra

Dengan menyuguhkan beberapa atraksi dan penampilan kesenian tradisional sebagai bentuk melestarikan budaya lokal, diharapkan akan menambah daya tarik destinasi wisata untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Solok.

“Ketika jumlah kunjungan meningkat, pada akhirnya akan meningkatkan perekonomian masyarakat lokal di Kabupaten Solok,” sebut Kadis Pariwisata Kab. Solok.

Ia menjelaskan, Pesona Lima Danau merupakan even kolaborasi antara destinasi, wisata, tradisi, kesenian, kuliner, UKM, expo dan hiburan masyarakat yang didukung oleh Magical Mistery Tour sebagai even spesial di daerah penghasil bawang merah itu.

“Kita terus berkreasi agar bagaimana wisatawan berkunjung dan menikmati pesona alam Kabupaten Solok, sehingga mereka tidak sekedar melewatinya saja,” sebut Yandra.

Menyambut itu, Bupati Gusmal menegaskan justru kreativitas seperti inilah yang dibutuhkan daerah ketika pemerintah serius mengembangkan sektor kepariwisataan. Pihaknya selain memberi apreaiasi kepada penyelenggara kegiatan kepariwisataan, juga memastikan kegiatan seperti ini akan mampu meningkatkan perekonomian yang dibungkus dalam program empat pilar pembangunan Kabupaten Solok.

Gusmal serta menabur harapan agar masyarakat di daerah kawasan wisata bisa membuka diri terhadap wisatawan. Memberikan kenyamanan kepada seluruh pengunjung objek wisata dan memberikan pelayanan yang baik.

“Para penggiat wisata harus lebih agresif untuk menarik wisatawan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang potensi wisata kita,” jelasnya.

Bupati optimistis, dengan menonjolkan kuliner khas daerah, cendramata yang unik, keindahan alam yang langka pada 5 danau berbeda (Danau Diatas, Dibawah, Talang, Singkarak dan Danau Tuo). (rusmel)

Pos terkait