Seluruh Jajaran Dinas Kesehatan Padang Pariaman akan di Test Swab

  • Whatsapp
Yutiardi Rivai, Kadinas Kesehatan Padang Pariaman.

PARIK MALINTANG – Dinas Kesehatan Padang Pariaman akan lakukan test swab terhadap seluruh pegawai dijajarannya. Termasuk para tenaga honorer. Tindakan atau testing terkait kondisi para pegawai kesehatan tersebut telah berlangsung sejak beberapa pekan lalu.

Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman, Yutiardi Rivai, menyebutkan, test swab terhadap lebih dari 1.000 pegawai kesehatan itu dilakukan secara bertahap. Dimulai dari para pegawai dan tenaga kesehatan di Puskesmas.

Bacaan Lainnya

Ada 25 Puskesmas di Padang Pariaman. Semua tenaga kesehatan, termasuk pegawai sekretariatnya akan ikut test swab. Tes uap tersebut juga akan dilakukan terhadap pegawai yang lain, seperti petugas gudang farmasi.

Menurut Yutiardi, tindakan atau testing terhadap pegawai jajaran dinas kesehatan dilakukan guna mengetahui secara dini ada tidaknya diantara mereka yang telah terpapar Corona Virus Disease (Covid-19).

Sebelumnya dia menyebutkan, para tenaga kesehatan itu sangat rentan terhadap penularan virus corona. Apalagi ketika mereka harus melakukan tracing terhadap masyarakat.

Kemudian, ulasnya, jika tenaga kesehatan terpapar dan termasuk Orang Tanpa Gejala (OTG), itu akan lebih berbahaya. Sebab, mereka bisa saja menularkan kepada masyarakat yang harus mereka layani untuk berobat.

Karena itulah, kata Yutiardi, perlunya dilakukan test swab terhadap para pegawai di jajaran Dinas Kesehatan, sebagai aparatur yang berada di barisan terdepan dalam penanganan kasus Covid-19. (man)

Pos terkait