Sektor Pertanian Tulang Punggung Perekonomian Rakyat

  • Whatsapp
Walikota Pariaman  Genius  Umar  meninjau  lagan sayur petani. (kominfo)

PARIAMAN – Di masa pandemi Covid-19 ini, sektor pertanian memang menjadi tulang punggung perekonomian masyarakat, dalam  mewujudkan ketahanan pangan.

Hal ini disampaikan Walikota  Genius Umar ketika meninjau dan memanen langsung sayur bayam di area perkebunan milik seorang petani di Desa Pakasai, Kecamatan Pariaman Timur, Selasa  (12/5).

Bacaan Lainnya

“Bertani sayur ini besar prospeknya, dan semoga hal ini dapat ditiru petani lainya dengan memanfaatkan lahan tidur yang tidak terpakai. Di Kota Pariaman, masih banyak lahan yang terbengkalai dan tidak diurus dibiarkan begitu saja,” ungkap Genius.

Genius  mengatakan bertanam sayur sangat menjanjikan, apalagi di tengah ancaman Covid-19, petani  dapat meningkatkan ketahanan pangan dengan menanam sayur, baik untuk konsumsi pribadi maupun untuk  dijual .

Sementara  itu,  Darwin salah seorang  petani sayur mengatakan dengan luas lahan mencapai satu hektare lebih. lahan itu bukan miliknya, tapi disewa. Di atas lahan itulah ia  bertanam sayur  berupa bayam, kankung, dan singkong.

“Untuk bertanam sayur, sudah saya tekuni semenjak 8 tahun lalu, sedangkan lahan di Pakasai ini, baru 1 tahun setengah saya tanami. Alhamdulillah dengan perawatan yang baik, saya dapat memanen setiap hari sayur bayam, kangkung dan singkong ini. Apalagi selama Ramadhan, permintaan sayur meningkat dari hari biasa,” Tutur Darwin.

Diungkapkannya pupuk kandang adalah  sebagai pupuk tanamannya. Setiap panen dapat 1.000 ikat sayur dengan harga jual  Rp2.000. Setiap  hari biasa panen 400 ikat. (agus)

Pos terkait