Sekda Gantikan Wawako Jadi Irup Upacara Penurunan Bendera Merah Putih, Ini Sebabnya

  • Whatsapp

Payakumbuh – Upacara penurunan bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 dilaksanakan di halaman balaikota Payakumbuh, Senin (17/8) sore, berlangsung dengan khdimad. Suasana begitu mendung setelah Payakumbuh diguyur hujan yang tak begitu lebat selama beberapa menit.

Dalam upacara penurunan itu, rencananya sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz. Namun hal itu tidak terjadi, karena yang bersangkutan tengah melakukan isolasi mandiri, sebab telah mengikuti Swab tes covid-19, Sabtu (15/8) kemarin.

Bacaan Lainnya

Sebagai inspektur upacara itu diwakilkan kepada Sekdako, Rida Ananda, sebagai komandan upacara dalam penurunan itu adalah Kapten Czi. Joni Forta, Wadanramil 01/Pyk-Kodim 0306/50 Kota.

Saat dihubungi terpisah, Wakil Walikota Erwin Yunaz menceritakan, setelah mendapatkan info dari Tim Gugus Tugas covid-19 kalau temannya yang berkunjung ke Payakumbuh dua minggu lalu positif covid-19, dirinya harus mengikuti Swab.

“Iya, teman kita dari Padang, ternyata dinyatakan positif covid-19. Setelah mengetahuinya, saya langsung ikut tes Swab di RSUD Adnaan WD Payakumbuh,” ujarnya, Selasa (18/8).

Selain itu, Wawako Erwin Yunaz juga mengatakan, sesuai protokol covid-19 dirinya saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah dinas menunggu hasil swabnya keluar. “Apa mau dikata, kita tidak bisa ikut upacara tahun ini. Karena harus mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19,” tambahnya.

Sementara itu, Sekdako Rida Ananda, secara terpisah mengatakan, Wawako Erwin memang tak berkesempatan menjadi Irup dalam peringatan HUT kemerdekaan RI pada tahun ini. Memang membuat suasana sedikit berbeda, tapi aturan protokol kesehatan tetap harus diberlakukan.

“Saya di dalam agenda hanya Irup cadangan, meski menjadi inspektur upacara ini penting, namun tentu lebih penting mengutamakan keselamatan dan kepentingan bersama. Semoga hasil Swab pak wawako kita negatif covid-19,” ucap Rida. (207)

Pos terkait