Sawah Rusak Terkena Limbah Sawit, PT BSS Siap Bertanggung Jawab

oleh -582 views
 Kondisi kolam pengolan limbah pabrik pengolah tandan buah segar PT Bukit Sawit Semesta Pandam, Agam.(lukman)

LUBUK BASUNG – Tanggul kolam pengolah limbah pabrik pengolah tandan buah segar (TBS) PT Bukit Sawit Semesta (PT. BSS) jebol, puluhan hektar sawah rakyat rusak. Pihak perusahaan menyatakan bertanggung jawab atas kejadian tersebut.

Humas PT BSS Ridho Selasa (7/8) mengakui, beton kolam pengolah limbah pabrik pengolah sawit itu jebol, seiring dengan turunya hujan deras.

Peristiwa itu terjadi Senin (6/8) sekitar pukul 16.35 wib. Setelah malamnya hujan lebat mendera kawasan daerah itu. Sungai yang berada di sekitar itu meluap karena debet air yang dating dari hulu lebih besar dari daya tampung sungai hingga juga banjir.

Begitu dam penahan kolam pengolah limbah itu pecah, air yang menggenang penuh di kolam menyebar menghantam lahan pertanian sekitarnya. Beton tebing penahan itu bobol lebih-kurang sepanjang 7 meter.

“Perusahaan bertanggung jawab atas musibah ini dan akan menyelesaikan dengan masyarakat yang terkena imbas jebolnya tanggul kolam pengolah limbah tersebut,” ujar Ridho.

Wali Nagari Manggopoh Rudwan Caniago yang dihubungi, mengaku benar adanya peristiwa ini. Dari hasil analisa sebagian yang memahami teknis, jebolnya tanggul penahan tebing kolam pengolah limbah itu, diduga kontruksinya tidak sesuai dengan struktur teknis, padahal yang bekerja membangun ival tersebut anak perusahaan itu.

Atas pernyataan pihak perusahaan, Walinagari Manggopoh Ridwan berterimakasih. Beberapa warga berharap perusahaan itu benar-benar menepati janjinya. (lukman)

Loading...