Satu Warga Koto Baru Terpapar, Positif Covid-19 di Tanah Datar Jadi 11 Kasus

  • Whatsapp
Roza Mardiah. (prokabar)

BATUSANGKAR  – Seorang warga Nagari Kotobaru, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, terkonfirmasi positif tertular Covid-19. Dengan demikian, di daerah berjuluk Luak Nan Tuo itu tercatat 11 pasien terpapar penyakit akibat virus korona.

Informasi terkait dengan pasien tersebut, disampaikan Juru Bicara Posko Utama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar Roza Mardiah, Rabu (27/5) siang.

Bacaan Lainnya

“Hari ini bertambah satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Tanah Datar. Pasien itu adalah seorang wanita berusia 27 tahun, dengan inisial R yang merupakan warga Nagari Kotobaru,” katanya.

Untuk memutus rantai penularan, katanya, petugas dari Puskesmas X Koto dan tim surveilen sudah mengevakuasi pasien itu ke RSUD Kota Padang Panjang untuk menjalani karantina, sementara orang-orang yang terkontak erat dengan pasien R kini sedang ditelusuri tim, untuk menjalani proses isolasi dan pengambilan sampel swab.

Dengan diperolehnya kabar pasien terbaru positif Covid-19 Tanah Datar dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand itu, maka angka bergeser menjadi sebelas pasien; meliputi enam orang sudah dinyatakan sembuh, tiga orang dirawat di rumah sakit rujukan, satu orang karantina, dan satu orang meninggal dunia.

Roza menjelaskan, saat ini tercatat 723 orang ternotifikasi melakukan perjalan dari daerah terkonfirmasi (PPT) penularan Covid-19, meningkat dibanding Selasa (26/5) pada angka 628 orang, Senin (25/5) sebanyak 594 orang, dan Minggu (24/5) atau bertepatan dengan 1 Syawal 1441 H yang berada pada angka 604 orang.

Orang Dalam Pemantauan (ODP) ada delapan orang, sedangkan Pasien Dalam Penawasan (PDP) tercatat lima orang.(musriadi)

Pos terkait