Satu Meninggal, 30 Kasus Positif Covid-19 di Payakumbuh

  • Bagikan

PAYAKUMBUH – Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Payakumbubh kembali meledak. Bahkan diikuti dengan kasus kematian. Dimana pada Minggu (25/7) kemarin, dimumkan kembali terjadi penambahan kasus positif sebanyak 30 orang dan satu orang meninggal dunia. Ini merupakan rekor kasus teringgi setelah sebelumnya sempat tidak ada penambahan kasus positif di kota itu.

Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal, kepada wartawan, Senin (26/7), mengatakan, penambahan kasus positif yang terjadi di Kota Payakumbuh ini merupakan rekor tertinggi kedua, dimana sebelumnya pada awal Juni lalu terjadi penambahan sebanyak 33 kasus positif. Tapi kali ini juga diikuti dengan satu orang kasus meninggal dunia.

“Ini merupekan kasus tertinggi juga dan juga terjadinya tambahan kasus satu orang masyarakat positif Covid-19 yang meninggal dunia pada Minggu (25/7) kemarin. Yang meninggal dunia itu atas nama MS, laki-laki, 71 tahun, yang merupakan warga Kelurahan Padang Tinggi Piliang, seorang pensiunan. Mendiang ini telah merasakan gejala sejak tanggal 13 Juli lalu dan dilakukan pengambilan sampel spesimen pada tanggal 21 Juli, dan almarhum dinyatakan positif Covid-19 pada Jumat (23/7),” ujarnya.

Menurut dr. Bek, sebelumnya almarhum sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Adnaan WD dan konsisinya kian memburuk serta menghembuskan napas terakhir pada Minggu (25/7) dan telah dimakamkan dengan protokol Covid-19. Dengan tambahan satu orang yang meninggal dunia ini, sudah 31 orang yang meninggal dunia karena Covid-19 di Kota Payakumbuh.

“Serta dari tracing yang terus dilakukan Dinkes Kota Payakumbuh beberapa hari yang lalu kepada masyarakat dan hasil swabnya keluar hari ini, kembali terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 sebanyak 30 orang. Dan sembilan orang dinyatakan bebas isolasi di Payakumbuh. Beberapa hari ini kasus positif Covid-19 di Payakumbuh kembali mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sehingga kasus aktif menjadi 161 kasus,” tambahnya.

Dikatakan, dirinya berharap kepada masyarakat Payakumbuh untuk tidak lagi menganggap sepele dan enteng masalah Covid-19 ini. Sementara kasus positif dan meninggal semakin bertambah banyak di Payakumbuh. Melihat tingginya angka perkembangan kasus yang terjadi, pihaknya terus meminta kepada semua masyarakat Payakumbuh untuk patuh terhadap protokol kesehatan dan terapkan 5M. Selalu gunakan masker dan ikuti vaksinasi Covid-19.

“Maka dari itu kita minta peran aktif masyarakat untuk terus mematuhi imbauan pemerintah. Dan juga diimbau kepada masyarakat untuk mempercepat proses vaksinasi, untuk mencapai herd immunity di kota kita ini. Masyarakat bisa datang ke fasilitas layanan kesehatan, cukup dengan membawa KTP atau KK saja. Maka petugas akan memproses untuk dilakukan vaksinasi,” katanya.

Sementara untuk data Covid-19 Kota Payakumbuh sampi hari ini adalah suspek sebanyak 0 orang, kasus konfirmasi sebanyak 1.861 orang, sembuh sebanyak 1.661 orang, isolasi sebanyak 140 orang, rawat sebanyak 21 orang, meninggal dunia sebanyak 31 orang, KE sebanyak 59 orang, discarded sebanyak 16.582 orang dengan total swab sebanyak 19.299 sampel. (bule)

  • Bagikan