Satu Keluarga Satu Sarjana, Pemko Pariaman Teken MoU dengan UI

  • Whatsapp
Walikota Pariaman Genius Umar menyaksikan Manejer pendidikan dan kemahasiswaan UI, Priyanto menandatangani MUO antara UI dengan Pemko Pariaman. (agus suryadi)

PARIAMAN – Untuk menyukseskan program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja), Pemko Pariaman menandatangani Memorandum Of Understanding (MoU) dengan sejumlah perguruan tinggi vokasi di Sumbar dan Batam.

Kamis (23/1), Pemko Pariaman mengembangkan sayapnya menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di Pulau Jawa. Kali ini dengan Universitas Indonesia (UI). MoU antara Pemko Pariaman dengan UI dilaksanakan di Balaikota Pariaman.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan Pemko Pariaman melakukan kerjasama dengan UI di bidang pendidikan khususnya vokasi. Hal ini dilakukan, untuk mendukung Pariaman dalam menuntaskan program Saga Saja, yang di khususkan bagi keluarga miskin.

“ Dalam waktu dekat kita akan mengirim anak Pariaman ke UI untuk program Diploma dengan kualitas lebih bagus. Sehingga anak-anak setelah lulus bisa bekerja dan mengangkat keluarganya keluar dari kemiskinan,“ tuturnya.

Di kesempatan itu, Genius Umar juga meminta kepada pihak UI untuk memberikan prioritas khusus bagi anak Kota Pariaman. Prioritas itu bisa saja dengan memberikan berbagai informasi dan peluang beasiswa untuk anak-anak Kota Pariaman bisa belajar di UI.

Diungkapkannya, Pemko Pariaman sudah membangun beberapa kerjasama dengan perguruan tinggi vokasi diantaranya yaitu Politeknik Pelayaran Sumbar, Politeknik Kelautan dan Perikanan, Politeknik Akademi Teknologi Industri Padang (Politeknik ATI Padang) dan Politeknik Negeri Padang (PNP). “Ketika kita beri kesempatan di bidang pendidikan, keahlian dan memberi akses terhadap permodalan maka anak tersebut bisa bebas dari kemiskinan,”tukasnya.

Sementara itu, Manajer Pendidikan dan Kemahasiswaan Universitas Indonesia (UI), Priyanto menyambut baik kerjasama yang dilakukan antara UI dengan Pemko Pariaman dalam mendukung program Saga Saja.

“ UI adalah bagian dalam membangun bangsa. Selama ini memang yang menjadi mahasiswa di UI pada umumnya anak anak yang berdomisili di Pulau Jawa. Setelah kerjasama ini dilakukan, diharapkan anak-anak dari Kota Pariaman akan bisa memberi warna bagi UI,” ujarnya.

Ditegaskan Priyanto, UI siap membantu Pemko Pariaman untuk mendidik putra dan putri yang berasal dari Kota Pariaman. (agussuryadi)

 

Pos terkait