Satgas Covid-19 Sosialisasikan Aplikasi Pendaftaran Vaksinasi

  • Bagikan
Riza Falepi. (ist)

PAYAKUMBUH-Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program vaksinasi di Payakumbuh, pemerintah daerah setempat telah meluncurkan aplikasi untuk pendaftaran. Dimana masyarakat yang ingin vaksinasi bisa mendaftarkan diri tanpa harus berdesak-desakan dulu. Aplikasi yang diluncurkan itu merupakan kerjasama Pemko Payakumbuh bersama Polres Kota Payakumbuh. Aplikasi ini telah gencar di sosialisasikan kepada masyarakat.

Walikota Payakumbuh Riza Falepi, kepada wartawan, Kamis (18/11), mengatakan, aplikasi yang telah diluncurkan itu bertujuan untuk melakukan percepatan dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Payakumbuh. Bahkan, aplikasi ini juga telah disosialisasikan kepada masyarakat Payakumbuh.

“Sosialisasi bertujuan untuk memperkenalkan serta cara untuk penggunaan aplikasi pendaftaran vaksinasi Covid-19 ini. Saat sosialisasi lalu juga dihadiri semua pemangku kepentingan Sekdako Rida Ananda, Kapolres Payakumbuh AKBP Alex prawira, Asisten I Bidang Pemberintahan dan Kesra Dafrul Pasi, Kepala DKK Payakumbuh Bakhrizal serta diikuti Kadis Kominfo, Kalaksa BPBD, kepala Disdukcapil, seluruh camat Kota Payakumbuh, perwakilan dari Puskesmas di Payakumbuh, Rumah Sakit Ibnu Sina dan RSUD Adnaan WD, serta perwakilan dari Polres Payakumbuh,” ujarnya.

Dengan hadirnya seluruh pemangku kepentingan ini, wako berharap apa yang telah disampaikan bisa diterima masyarakat. Sehingga tingkat partipasi masyarakat dalam vaksinasi di Kota Payakumbuh terus meningkat.

“Kita berharap semua yang hadir dapat mempelajari dan memahami dalam penggunaan aplikasi vaksinasi Covid-19 yang akan kita terapkan nantinya di kota Payakumbuh. Sehingga masyarakat paham dan bisa meningkatkan partisipasi vaksinasi, dimana masyarakat dalam proses pendaftaran vaksininasi nantinya dapat semakin lebih mudah, dan efisien dengan menggunakan aplikasi vaksinasi Covid-19 ini,” tambahnya.

Kapolres Kota Payakumbuh AKBP Alex Prawira, secara terpisah, menambahkan, dirinya berharap kepada seluruh peserta sosialisasi vaksinasi Covid-19 nantinya dapat memberikan edukasi yang telah diterima ini ke tengah masyarakat. Agar percepatan vaksinasi Covid-19 di Kota Payakumbuh dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. “Hal ini tentu untuk menciptakan herd immunity di Kota Payakumbuh agar dapat tercapai segera. Shingga seluruh warga kota dapat terhindar dari penularan wabah virus yang mematikan ini dan kehisupan normal bisa segera diterapkan. Supaya ekonomi masyarakat bisa kembali bergerak,” ucapnya.

Sementara itu, Kabid e-Gov Rafles Susandi, yang dihubungi terpisah, mengatakan, aplikasi vaksinasi Covid-19 yang akan digunakan ini merupakan replikasi dan dukungan dari Kabayan Group. Dimana aplikasi vaksinasi Covid-19 ini nantinya dapat diakses oleh siapapun dan bisa mendaftar dari rumah saja. Pendaftar vaksinasi itu bukan warga ber-KTP Payakumbuh dapat mendaftar, asalkan warga yang akan ikut vaksinasi Covid-19 ini berada dilingkup wilayah Kota Payakumbuh, maka warga ini dapat akses langsung melalui website vaksinasi.payakumbuhkota.go.id di smartphone masing-masing.

“Dan bagi warga yang ingin ikut vaksinasi ini, nantinya tinggal buka aja website vaksinasi.payakumbuhkota.go.id dan isi biodata, serta pilih lokasi dimana yang dinginkan untuk ikut vaksinasi Covid-19. Setelah mendaftar, nantinya akan menerima kode registrasi dan QR Code yan terlampir secara otomatis setelah warga mendaftar di aplikasi. Yang mana kode ini akan digunakan untuk check in, dan bagi warga yang sudah memiliki kode regis dan QR Code ini, setiba dilokasi untuk dapat ikut vaksinasi Covid-19,” tukasnya. 207

  • Bagikan