Sat Binmas dan Pemuda Bangunkan Warga untuk Sahur

oleh -464 views
Kasat Binmas Polresta Padang, Kompol Darto, bersama personilnya dan pemuda saat membangunkan warga Tarok, Keluruhan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung, Padang, Jumat (17/5) dini hari. (rahmat zikri)

PADANG-Sat Binmas Polresta Padang bersama pemuda bangunkan warga Lubuk Begalung untuk sahur. Warga dibangunkan dengan lagu dan alat-alat kasidah seperti rebana. Begini ceritanya. Padang masih gelap, pancaran sinar lampu jalan dengan kabut tipis terasa agak dingin. Padang yang sedari siang panas terik terasa lesu dan lusuh saat malam. Dari berbagai arah gema suara tadarus para qori dari sejumlah corong mesjid seakan bersahutan tak henti.

Di jalan tak banyak yang lalu lalang, namun disaat bersamaan ada kesibukan di Mako Polresta Padang, Jumat (17/5) pukul 02.00 Wib. Berseragam lengkap, Kasat Binmas Polresta Padang Kompol Darto diantara sinar lampu jalan itu membentuk barisan dan dilanjutkan dengan istruksi kepada personilnya agar segara bergegas.

“Hari ini kita lakukan pengamanan C3 dan juga membangunkan warga untuk sahur, setelah itu kita akan shalat berjamaah,” katanya.

Kata-katanya itupun disahut tegas personil lainnya, “Siap komandan,” jawab mereka yang sajatinya telah sibuk lalu lalang di Mako Polresta Padang sejak sore.Tak lama, mobil penyuluh Binmas yang dari siang terparkir itu mulai bergerak keluar dari Mako menuju kawasan Kecamatan Lubuk Begalung. Ditengah dinginnya malam, kabut tipis dan pancaran cahaya lampu sepanjang jalan seakan dibelah dua oleh laju mobil penyuluh Binmas itu. Tak sampai setengah jam, rombongan merengsek pelan diatara jalan sedikit berlobang dekat rumah warga di RT.04 RW08 Kelurahan Kampung Jua.

“Ibu-ibu yang belum masak bangun, bangun. Saatnya sahur, sahur,” begitu bunyi suara Kompol Darto yang berkali-kali terdengar dari toa yang disandang dipundaknya. Tak ayal, suara dan serine khas polisi itupun segera disambut senyum tipis seorang lelaki yang kemudian kepada awak media mengaku bernama Asril (55). Ia bergegas membuka pintu utama rumah dan juga pagar.Tak lama ia menyalami satu persatu petugas. “Terima kasih pak sudah membangunkan, saya sekeluarga akan segera sahur,” ungkapnya.

Ditanya perihal kejadian tersebut, Asril yang matanya jelas seperti baru bangun mengaku kaget karena hal seperti ini baru pertama kali ia alami.“Tadi saya lagi tiduran di depan tv, tiba-tiba ada suara-suara dan setelah dilihat keluar ternyata ada petugas membangunkan sahur. Ini sangat bagus karena selama ini untuk bangun sahur warga hanya mengandalkan pengumuman dari masjid terdekat. Semoga akan terus berlanjut setiap harinya,” ungkapnya.

Dari rumah yang letaknya berhadapan dengan rumah Asril seorang ibu yang tengah menggendong putranya bertanya –tanya perihal yang terjadi. Setelah dijelaskan Asril sang ibu dan putranya senyum tipsi dan bergegas menuju kedalam rumah.Perjalanan berlanjut, kalimat tadi terus berkali-kali diulang, dengan berjalan kaki dengan toa ditangah kirinya Kompol Darto terus bergerak pelan, tak lama dari mesjid Ar-Rahman sejumlah pemuda bergerak pula dengan rebana ditangan mereka.Sontak suara dari toa yang tadinya sendirian berubah bernada.

Dengan iringan rebana itu para pemuda yang tergabung pada Ikatan Pemuda Tarok tersebut ikut berkeliling tempat tinggal mereka.Sepanjang perjalanan, dari gang ke gang, rumah yang tadinya mati satu persatu hidup, ada warga yang dengan senyum mebuka pintu mengintip para anak muda itu ada pula terlihat mengintip saja.

Usai membangunkan warga, disalah satu Pos Kamling di depan Masjid Ar- Rahman petugas berhenti sejenak, dilokasi itu kepada petugas pos diserahkan senter dan alat P3K.Ditanya perihal kegiatan tersebut, Kasat Binmas Kompol Darto mengatakan bahwa kegiatan membangunkan warga pada bulan ramadhan adalah kegiatan yang telah rutin dari ke tahun dilakukan Polresta Padang.“Selain menjaga keamanan dan kenyamanan warga, bersama pemuda dan petugas pos kamling kami bangunkan warga untuk melaksanakan sahur,” katanya.Keguiatan yang merupakan dari patroli tersebut terbukti ampuh mengamankan balap liar, tauran dan juga tiga C yaitu Curat, Curas dan Curanmor.

“Kegiatan akan diakhiri dengan shalat subuh berjamaah, untuk kegiatan ini hingga akhir ramadhan akan rutin dilakukan. Untuk hari ini diterjunkan 10 petugas. Untuk esok kita akan membangunkan warga dikelurahan lainnya di Kota Padang,” ungkapnya.

Selain patroli saat ini Sat Binmas Polresta Padang tengah gencar melakuakn operasi Bina Kusuma untuk mengatasi kenakalan remaja, miras, tauran, premanisme dan pemalakan.

Diwawancarai terpisah, Ketua Pemuda Tarok, Alvi (23) yang ikut serta dalam rombongan membangunkan sahur mengaku sangat senang dengan keaktifan pemuda dan juga polisi membantu membangunkan warga.

“Kita bangga kegiatan ini mendapat dukungan dari adek-adek dan rekan rekan, saat ini pemuda Tarok selalu jemput bola untuk menjaga keaman dan ketertiban sehingga terasa sekali perlahan warga dan pemuda-pemudi Tarok semakin peduli kepada masjid dan lingkungan sehingga generasi muda jauh dari kenakalan remaja,” tuturnya.

Terkait aksi membangunkan warga untuk sahur Alvi mengungkapkan bahwa pemuda setiap hari aktif melakukan hal tersebut secara bergantian.“Biasanya secara bergantian membangunkan warga dari rumah kerumah, kita terus mengajak rekan-rekan muda untuk gencar melakukan hal positif. Kepada polisi kami ucapkan terima kasih banyak telah bersama-sama kami,” tutupnya.(411/gv)

Loading...