SAR Mentawai Bertekad Wujudkan Pelayanan Cepat dan Prima

oleh -357 views
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai berfoto bersama segenap potensi SAR usai peringatan HUT Basarnas ke 47. (*)

TUA PEJAT – Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai bersama potensi Search and Rescue (SAR) Mentawai bertekad untuk mewujudkan pelayanan yang cepat dan prima bagi masyarakat.

Tekad itu dideklarasikan saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas ke 47 yang jatuh pada Kamis, (28/2).

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai, Akmal untuk mewujudkan itu, paling utama diperlukan keseriusan potensi SAR dalam kesiapsiagaan, mulai dari siaga alut, siaga prosedur dan siaga personil.

“Kita melaksanakan siaga dengan serius, dengan baik,” ungkap Akmal usai gelaran apel dalam rangka HUT Basarnas ke 47 yang dilaksanakan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai.

Selain itu, dikatakannya, sinergisitas dan solidaritas antara Basarnas dengan potensi-potensi SAR seperti Polri, TNI, BPBD, instansi pemerintahan serta masyarakat yang turut membantu kala operasi pencarian terhadap orang hilang, juga menjadi poin penting untuk memberikan pelayanan cepat dan prima.

“Basarnas dan segenap potensi SAR harus saling sinergi dan solid,” tutupnya.

Sejauh ini, sejak peralihan status dari Pos menjadi Kantor, SAR Mentawai sudah memiliki total 33 personel, diantanya 9 orang PNS, 11 orang anak buah kapal, 2 orang security serta 11 lainnya CPNS, dimana 11 orang CPNS ini saat ini masih diberikan pembekalan tentang operasi SAR.

Sementara untuk mendukung operasional SAR, Kantor SAR Mentawai memiliki KN. SAR  Ramawijaya 240 dan didukung oleh 2 unit Rib, 4 unit perahu karet, 1 unit jetsky, 2 unit rescue truck personel, 2 unit rescue damage dan 2 unit rescue carer serta motor trail sebanyak 2 unit. (Ricky)

 

Loading...