Sampah Teronggok Pasukan Orange Tancap Gas

oleh -280 views
Seorang petugas sedang asyik memasukkan sampah ke dalam tong di daerah Aur Kuning, Kamis (6/6). Hirval

BUKITTINGGI-Hari kedua lebaran, di beberapa titik tempat pembuangan sampah di Bukittinggi telah terlihat onggokan sampah. Pasukan orange pun sudah langsung tancap gas.

“Kita hanya libur satu hari shalat Id saja,” kata Zul, seorang petugas kebersihan, kepada Singgalang, Kamis (6/6).

Itupun tidak bisa menikmati malam takbiran dengan khidmat. Pasalnya, guna membuat kota bersih di hari lebaran petugas kebersihan harus bekerja sampai dengan subuh.

“Selasa malam membersihkan sampah sampai dengan Rabu sekitar jam 4 pagi. Biasanya jumlah sampah selama Ramadhan dan malam takbiran biasanya meningkat dibandingkan hari-hari lain,” kata Zul.

Agak beratnya pekerjaan petugas kebersihan itu, salah satunya dipengaruhi prilaku sebagian anggota masyarakat. Pantauan Singgalang, beberapa anggota masyarakat hanya melempar sampah dekat tong sampah. Padahal, tong sampah masih terlihat kosong.

“Itulah susahnya kita sekarang. Beberapa anggota masyarakat cendrung melempar ke dekat tong sampah. Tidak langsung memasukkan ke tong. Bahkan tidak jarang di depan kita masih seperti itu,” tutur Anto, petugas lain.

Padahal, sekiranya warga membuang sampah ke dalam tong lingkungan bisa menjadi lebih bersih. Petugas hanya tinggal memindahkan tong ke pembuangan akhir.

“Setiap hari biasanya kami membersihkan dua kali sehari. Itupun banyak waktu untuk memasukkan sampah ke dalam tong,” pungkas Anto. (Hirval)

 

Loading...