Sampah Berserakan di Terminal Pasar baru Muaralabuh

  • Whatsapp
Sampah berserakan di ruang parkir terminal Pasar Baru Muarabuh. (hendrivon)
PADANG ARO – Setiap hari ratusan keluarga di lokasi Pasar Baru Muaralabuh menghirup udara tidak sedap, akibat sampah berserakan di lokasi terminal Pasar Muaralabuh.
Sampah dari berbagai jenis mulai dari sampah rumah tangga hingga sampah pedagang.
Sampah itu dibiarkan berserakan sepanjang ruang parkir terminal Muaralabuh, kendati di sana sudah disediakan sejumlah kontainer sampah. Namun masiha da oknum warga membuang sampah sembarangan.
Hampir setiap hari bahkan malam hari oknum masyarakat membuang sampah di sana.
Ujang Sal, salah seorang warga mengatakan, hampir setiap hari ia dan warga lainnya menghirup udara tidak segar. “Sudah sering kami sampaikan hal ini, baik kepada wali nagari, pengelola pasar, bahkan pihak terkait, namun kondisinya tetap seperti ini,” kata Ujang.
Terminal bukan untuk tempat pembuangan sampah. Bahkan kondisi sekitar terminal ditumbuhi semak-semak.
Salah seorang sopir truk kontainer pengangkut sampah milik kantor LH  mengaku kesal dengan ulah manusia yang membuang sampah sembarangan, sementara bak sampah sudah disediakan.
Sementara Kepala Kantor Lingkungan Hidup Solok Selatan  Amri Bakri mengatakan, sebenarnyapemerintah sudah menydiakan kontainer sampah, tapi tidka dimanfaatkan oleh masyarakat.

Amril Bakri menambahkan, sejumlah petugas setiap hari menjemput sampah yang ada di sejumlah bak sampah di pasar. “Hanya saja prilaku warga yang masih membuang sampah sembarangan. Kami mengimbau warga untuk membuang sampah di tempat yang sudah disediakan,” katanya. (von)

Pos terkait