Salut, Robot Pemadam Kebakaran UNP Juara I di Regional Sumatera

oleh -565 views
Tim robot UNP saat mendapat medali kemenangan dalam Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Regional I Sumatera yang diselenggarakan di Unri. (Ist)

 

PEKANBARU – Robot pemadam api berkaki karya mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang (UNP) meraih Juara I Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) Regional I Sumatera yang diselenggarakan di Universitas Riau (Unri) 26-28 April 2018.

“Selain juara satu, kami juga terbaik untuk algoritma, karena berhasil menjadi yanh tercepat menemukan sumber api dan memadamkan api,” kata dosen pembimbing mahasiswa tersebut, Dr. Risfendra yang dihubungi tadi malam.

Untuk bisa meraih juara, masing-masing robot diuji sebanyak tiga kali. Hasil setiap ujian kemudian digabung dan robot milik mahasiswa UNP ini terpilih sebagai pemuncak dengan akumulasi waktu tercepat.

Risfendra gembira dengan pencapaian ini, karena setelah dua tahun tak meraih posisi pada kontes robot tingkat regional, mahasiswa UNP kembali menunjukkan kebolehannya. Tidak tanggung-tanggung langsung meraih Juara I Regional I Sumatera dan bersiap untuk bertarung ke tingkat nasional pada Juli 2018 mendatang.

“Sebelumnya kita pernah meraih juara harapan di tingkat nasional. Semoga robot pemadam api berkaki ini bisa pula meraih peringkat di tingkat nasional yang rencananya diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Juli mendatang,” harapnya.

Pada kontes yang berlangsung tiga hari itu, tim yang diketuai Habil mengikuti tiga kontes, yaitu Kontes Robot Sepakbola Beroda, Kontes Robot Seni Tari, dan Kontes Robot Pemadam Api Berkaki.
Programmer Robot, Aldo yang dimintai komentarnya mengaku tak menyangka robot mereka bisa meraih Juara I.

“Ada rasa cemas waktu mau bertanding, tapi berupaya selalu hati-hati” katanya yang saat dihubungi masih dalam perjalanan menuju Padang.

Dia menuturkan, robot dibuat bersama-sama anggota timnya dengan mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan Dirjen Belmawa Kementerian Ristekdikti.

Selepas kemenangan ini, mereka akan bersiap ke kontes tingkat nasional dengan harapan bisa unggul dari juara-juara pada region lainnya.

“Terberat sepertinya UGM,” sebut Risfendra.

Sang dosen pembimbing ini bersama mahasiswanya akan mempelajari kekurangan saat tampil pada kontes lalu sehingga memperbaiki kelemahan yang ada.

“Kita berharap bisa juara tingkat nasional dan bisa melaju ke level internasional,” pungkasnya.

Rektor UNP Prof. Ganefri, PhD., mengapresiasi keberhasilan tim ini yang penuh semangat berhasil meraih posisi puncak pada kontes robot tingkat regional I Sumatera. Dia berhasil keberhasilan ini juga bisa diraih di tingkat nasional nantinya. (yuni)

Loading...