Rumah Semi Permanen di Kampuang Batu Ludes Terbakar

Ilustrasi. (medicalexpress)

PADANG – Rumah semi permanen di Kampung Batu, Batang Harau, Padang Selatan, Selasa (27/3) sore terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Petugas Kebakaran membentankan selang air sepanjang lima rol untuk memadamkan. Sementara polisi dan TNI mengamankan lokasi.

Seorang warga, Nal, 41, yang turut memadamkan api dengan peralatan seadanya, mengatakan, saat itu ia melihat api dari bawah dari rumah yang berada di bebukitan itu. Setelah itu ia berlari ke atas memadamkan api.

“Saya siram dengan air dari bak. Secara pasti saya tidak mengetahui penyebabnya, saya pun tidak melihat apakah ada orang di dalam rumah itu saat kejadian,” ujar Nal.

Kabid Ops Damkar Padang, Basril, mengatakan rumah yang terbakar itu berada di bebukitan. Untuk memadamkan api pihaknya membentang selang air sepanjang lima rol.

Diduga rumah ini terbakar karena arus pendek. “Kita turunkan lima mobil damkar dengan 50 personel. Dari bawah ke lokasi kejadian jaraknya sekitar 100 meter,” kata Basril.

Setelah api dapat dipadamkan, pihaknya melakukan pendinginan guna mencegah tidak munculnya titik api yang baru. Setelah benar-benar bersih baru lah pihaknya meninggalkan lokasi.

“Kami mengimbau kepada masyrakat agar berhati-hati sebelum meninggalkan rumah saat berpergian,”kata Basril.

Pemilk rumah, Ester, 37, mengatakan saat itu rumahnya kosong karena ia sedang keluar. Sebelum pergi ia sudah mematikan lampu, tetapi ia tidak menyangka kejadian ini.

“Saya tidak tahu berapa kerugian, semua peralatan habis, “ujarnya sedih.

Kapolsek Padang Selatan, Kompol Alwi Haskar mengatakan setelah menerima informasi pihaknya langsung menuju lokasi.

“Di lokasi sudah di pasang garis polisi. Penyebab kebakaran belum diketahui, karena harus dilakukan penyelidikan. Kerugian materil belum dapat dipastikan,”kata Alwi.(guspa)

Loading...