Riza Falepi Berbagi Informasi dengan BPK RI Sumbar

  • Whatsapp
Riza Falepi

PAYAKUMBUH-Sebagai kota dengan pengelolaan jaringan internet yang sudah terintegrasi di seluruh perangkat daerah, menjadi keunggulan Kota Payakumbuh dibandingkan daerah lainnya di Sumatera Baratr. Payakumbuh menjadi daerah referensi di Sumbar.

Atas  gagasan tersebut Walikota Payakumbuh Riza Falepi didapuk sebagai narasumber di BPK RI Perwakilan Sumbar, tentang pemeriksaan pengelolaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), melalui daring dari aula Randang, Selasa (4/8).

Bacaan Lainnya

Walikota pada kesempatan itu, menyampaikan sesuai dengan Peraturan Presiden nomor 95 Tahun 2018 Pemko Payakumbuh melalui Dinas Komunikasi dan Informatika telah melahirkan dan mengembangkan berbagai aplikasi.

“Diantara aplikasi yang dikembangkan itu, untuk layanan internal pemerintah seperti e-Kinerja, e-SPPD dan sebagainya. Contohnya saja, dengan adanya aplikasi e-Kinerja ini pembayaran Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) yang diberikan kepada ASN, sesuai dengan kinerjanya tanpa ada kecurangan,” ujar Riza.

Dikatakan, selain untuk internal pemerintahan, Pemko Payakumbuh juga menghadirkan berbagai aplikasi untuk kemudahan layanan publik bagi masyarakat Payakumbuh.

“Untuk diketahui, pengelolaan IT di Mall Pelayanan Publik Kota Payakumbuh kita menjadi referensi di Sumbar,” katanya.

Selain itu, Pemko juga telah menciptakan aplikasi SIPADUKO untuk memudahkan masyarakat berobat ke Puskesmas, SAGOPAY untuk pembayaran PDAM, UDAKOPAY untuk update data Kota Payakumbuh dan lainnya.

“Sampai saat ini kita sudah mengembangkan 16 aplikasi sendiri. Aplikasi pemerintah pusat dan pengembangan eksternal 27 aplikasi serta 27 website perangkat daerah,” ucapnya.

Sebagai daerah yang minim anggaran, Walikota Payakumbuh Riza Falepi bisa menjadikan Pemko Payakumbuh sukses mengembangkan IT dengan tekat dan kemauan kuat untuk menciptakan pemerintahan yang bersih dan transparan.

“Prinsipnya, pengembangan IT di Payakumbuh walaupun miskin anggaran tapi kaya fungsi. Dan mudah-mudahan semua aplikasi yang dikembangkan tim IT di Diskomonfo itu bisa bermanfaat bagi orang banyak,” pungkas Riza. Yuke

Pos terkait