Rektor UNP Kunjungi Sentra Randang Payakumbuh

  • Whatsapp

PAYAKUMBUH – Kerjasama Universitas Negeri Padang (UNP) dengan Pemko Payakumbuh, untuk membuka program studi Diploma III (D3) Kuliner Minang segera direalisasikan. Untuk itu, Rektor UNP Profesor Ganefri, beserta rombongan dekan dan para dosen berkunjung ke Payakumbuh, Senin (28/9), untuk melihat perkembangan Program Studi Kuliner Minang di Kota Payakumbuh.

Rombongan dibawa Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz ke Sentra IKM Randang setelah disambut sebelumnya oleh Walikota Payakumbuh Riza Falepi, di Pendopo Rumah Dinas bersama Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno. Pada kesempatan itu, Wawako Erwin Yunaz memaparkan rencana pengelolaan gedung IKM Randang, yang nantinya terintegrasi dengan Prodi D3 Kuliner Minang di Sentra Randang Kota Payakumbuh. “Semoga segera lahir ahli-ahli masak randang yang siap disebarkan ke seluruh penjuru daerah, baik dalam dan luar negeri,” ujar Erwin.

Bacaan Lainnya

Sedangkan Rektor UNP Profesor Ganefri, mengatakan, program studi Kuliner Minang itu, merupakan kerja sama Pemko Payakumbuh dengan UNP yang teranyar dalam mewujudkan City of Randang. “Fakultas Perhotelan dan Pariwisata UNP telah membuka program studi D3 Kuliner Minang, dalam memenuhi kebutuhan lapangan pekerjaan melalui kerjasama dengan Sentra Randang Kota Payakumbuh pada 2019 lalu. Dan ini merupakan tahun ke-2 berjalan dan memiliki peminat cukup tinggi,” ucap Ganefri.

Menurutnya, melalui kerjasama antara UNP dengan Pemko Payakumbuh ini, pemanfaatan lulusan Prodi D3 Kuliner Minang diharapkan terserap. Nantinya mahasiswa Prodi D3 Kuliner Minang bisa berpraktik di Sentra Randang Kota Payakumbuh ini. Pada tahun 2019 lalu, ada program studi D3 Tata Boga dengan konsentrasi Kuliner Minang. Peminatnya waktu itu ada 120 lebih pendaftar, namun hanya 30 orang yang diterima. “Untuk pusat riset prodi Kuliner Minang berpusat di Payakumbuh. Karena Payakumbuh menjadi sentral kuliner termasuk randang, sebagai makanan khas Minang. Dan kerjasama itu akan terus dilanjutkan kedepan,” tambahnya.

Dikatakan, dengan adanya kerjasama yang nyata, mahasiswa Prodi D3 konsentrasi Kuliner Minang akan berpraktek di Sentra Randang dan mengembangan pendidikan kuliner. “Mudah-mudahan dengan adanya kerjasama ini, apa yang diharapkan oleh Pemko Payakumbuh menjadi pusat randang di Indonesia bisa di wujudkan. Dan mahasiswa kita yang mengambil prodi Kuliner Minang ini juga bisa dengan maksimal mengembangkan ilmu yang didapatkannya,” pungkas Ganefri. ( bule)

Pos terkait