Realisasi Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Sumbar Lebihi Target

oleh
Ilustrasi. (*)
PADANG – Realisasi penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) pada Kantor UPT Pelayanan Pendapatan Padang melebihi target sampai Agustus 2018. Tercatat sampai Agustus penerimaan PKB Sumbar sudah 124 persen.
“Target kita sampai Agustus  sebesar Rp390,299 miliar, terealiasi Rp486,2 miliar atau 124,05 persen,” kata Kepala UPT Pelayanan Pendapatan Sumbar, Jaya Isman di Padang, Kamis (27/9).
Penerimaan tersebut dari 331.338 kendaraan dari target 316.475 kendaraan. “Terpenuhinya target penerimaan tersebut tidak lepas dari sejumlah inovasi yang dilakukan untuk memberikan pelayanan prima pada wajib pajak agar taat pajak,”sebutnya.
Selain target tahunan, penerimaan pajak kendaraan bermotor Sumbar pada Agustus 2018 juga jauh melampau target yang ditetapkan. Sebelumnya, Pemprov Sumbar menargetkan pada Agustus penerimaan sebanyak Rp51,8 miliar, hasilnya terealisasi Rp61,9 miliar atau mencapai 119,43 persen.
Inovasi yang diterapkan oleh UPT PP3 bersama Sistem Pelayanan Satu Atap (Samsat) itu, di antaranya pojok pajak (pajak corner), Samsat Drive Thru, dan inovasi terbaru layanan Samsat Anywhere dan Samsat ATM.
Inovasi tersebut memungkinkan masyarakat untuk memilih cara pembayaran pajak yang sesuai dengan keinginannya juga menjauhkan praktik calo dalam pelayanan pajak yang diberikan pada masyarakat. (yose)
Loading...