Ratusan Mahasiswa UNP Bersihkan Desa Terindah di Dunia

Mahasiswa UNP bersama masyarakat Nagari Pariangan, membersihkan sampah. (Musriadi Musanif)

BATUSANGKAR – Sejak didaulat jadi salah satu desa terindah di dunia versi Majalah Travel Budget terbitan Amerika Serikat, Nagari Tuo Pariangan terus mendapat perhatian berbagai kalangan. Tidak saja wisatawan, daerah yang terletak di pundak Gunung Marapi itu tak luput pula dari amatan aktivis lingkungan.

Setidaknya, itulah yang bisa dicermati dari kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) ratusan mahasiswa dari Universitas Negeri Padang (UNP). Calon intelektual itu berbaur dengan masyarakat membersihkan lingkungan Nagari Pariangan, serta didukung Dinas Perkim LH dan Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Datar.

Kepala Dinas Perkim LH Dessy Trikorina dan Dinas Pariwisata Edisusanto, Senin (16/4) menjelaskan, aksi bersih-bersih yang dilakukan mahasiswa itu berlangsung Minggu (15/4) dan diikuti ratusan mahasiswa, masyarakat, dan jajaran terkait di lingkup Pemkab Tanah Datar.

Bagi Edisusanto, aksi bersih-bersih di Nagari Pariangan ini merupakan wujud tanggung jawab bersama untuk menjadikan Pariangan bebas sampah.

Pembenahan

Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana saat melakukan kunjungan kerja ke Sumbar pada awal Februari 2018 lalu, menyempatkan diri untuk mampir dan menikmati pesona Pariangan. Jokowi juga memerintahkan kementerian terkait untuk membenahi Pariangan, sehingga tumbuh menjadi destinasi penting dalam penembangan dunia pariwisata nasional.

Pujian atas pesona Pariangan juga disampaikan Mufidah Jusuf Kalla. Istri Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla itu, mampir di Pariangan, Kamis (12/4), di sela-sela kunjungan kerjanya ke  Tanah Datar.

Urang alah banyak manyabuik desa terindah ko dima-dima. Ingin pulo ambo langsuang mancaliak ka siko ,” ujar Mufidah berbahasa Minang . (mus)

 

 

Loading...