Rangkaian Rekapitulasi Pemilu 2019 di Sumbar Terus Berlanjut

  • Whatsapp
KPPS melakukan penghitungan surat suara di TPS Istano Pagaruyung dalam simulasi pemungutan dan perhitungan suara pemilu serentak 2019, Rabu (3/4).(rahmat zikri)

PADANG-Hingga Kamis (2/5), rangkaian panjang proses rekapitulasi surat suara pemilu 2019 di Sumatera Barat (Sumbar) masih terus berlanjut. Proses rekap ditingkat kecamatan sebahagian besar sudah selesai.

Hal tersebut dikatakan Komisioner KPU Sumbar Divisi Teknis Izwaryani di Padang. Ia mengungkapkan bahwa masih ada sejumlah kecamatan yang belum menyelesaikan rekap suara lantaran jumlah TPS di kecamatan tersebut cukup banyak.

“Salah satunya kecamatan Koto Tangah di Kota Padang. Masih melakukan rekap suara karena jumlah TPS yang cukup banyak di kecamatan tersebut. Kendati demikian proses tersebut diakuinya tidak mengganggu proses rekap yang lain,” katanya.

Proser rekapitulasi di kabupaten/kota lainnya hingga saat ini terus berlanjut. “Telah banyak juga memulai proses rekap di kabupaten/kota bahkan ada juga yang sudah selesai melakukan pleno tingkat Kabupaten dan telah menyerahkan hasilnya ke KPU Sumbar,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang telah ia terima sebanyak empat KPU kabupaten/kota telah menyerahkan hasil rekap kepada KPU Sumbar. “Empat KPU itu adalah KPU Kota Padang Panjang, Kota Pariaman, Sijunjung dan Sawahlunto. Tak hanya itu Dharmasraya dan Kota Solok telah mengkonfirmasi akan segera menyerahkan hasil plenonya,” ungkapnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Padang Yusrin Trinanda saat dihubungi Singgalang mengatakan untuk kota Padang baru empat kecamatan yang telah selesai lakukan rekap suara hingga 18:00 WIB di Bapelkes Kota Padang.

“Empat kecamatan  itu adalah Kecamatan Padang Selatan, Padang Barat, Padang Utara, Bungus Teluk Kabung. Sementara itu berdasarkan laporan  yang telah diterima kecamatan Pauh akan diusahakan juga selesai secepatnya,” katanya.

Ditambahkannya proses rekapitulasi tingkat kota Padang sendiri mulai dilakukan Rabu (1/5) dan akan selesai hingga  Minggu (5/5).  Bicara soal adakah pengaruh terhadap masuknya bulan Ramadhan dengan proses rekapitulasi, Yusrin mengatakan bahwa tidak ada pengaruhnya.

“Untuk kendala saat proses rekap juga tidak ada, Bawaslu dan saksi pun tidak banyak memberikan saran masukan terhadap jumlah suara dan daftar pemilih, secara keseluruhan tidak adalah,” pungkasnya.

Sementara untuk tingkat kecamatan, Yusrin mengatakan bahwa masih ada PPK juga yang belum selesai melakukan rekapitulasi suara, diantaranya Kuranji, Lubuk Begaluang, Koto Tangah.

“Masih ada tiga kecamatan yang belum selesai sampai sekarang. Dijadwalkan tiga kecamatan tersebut akan selesai pada 4 Mai mendatang.,” tutupnya. (411)

  • Whatsapp

Pos terkait